Inilah Perbedaan Hacker dengan Cracker

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, kerap kali kita mendengar istilah hacker dan cracker. Istilah ini tidak hanya didengar para mahasiswa atau pekerja di bidang ilmu komputer, tetapi pada masyarakat umum sekali pun istilah ini sudah sering didengar.

Dibalik tidak asingnya istilah ini, masih banyak masyarakat yang belum paham betul arti dari keduanya. Ada yang berpendapat bahwa hacker dan cracker merupakan dua hal yang sama. Ada juga yang berpendapat bahwa hacker adalah orang yang melakukan tindakan kejahatan dalam jaringan komputer, pencuri data, penyusup, demikian juga sebaliknya dengan cracker.

Dalam ilmu komputer, kedua pendapat ini tentu salah. Lantas, apakah pengertian dari hacker dan cracker? Apakah perbedaan dari keduanya? Simak penjelasan mengenai dua istilah ini, yuk!

Hacker

Hacker adalah sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang memberikan sumbangan bermanfaat untuk dunia jaringan dan membuat program bantuan untuk dunia jaringan dan komputer.

Seorang hacker memiliki kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem dan kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja.

Cracker

Sebaliknya, cracker merupakan sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang mencari kelemahan sistem dan memanfaatkan kelemahan tersebut untuk dapat menyusup sehingga mereka dapat mencuri, menghapus, dan mengubah data dari sistem tersebut.

Perbedaan antara Hacker dan Cracker

Setelah membaca pengertian dari keduanya, tentu Sobat Nida sudah mulai memahami pengertian dan perbedaannya. Supaya lebih jelas lagi, simak perbedaan dari keduanya, yuk!

Hacker

1. Memiliki komunitas yang jelas dan terbuka untuk memperdalam ilmu dan pemahaman tentang sistem operasi bagi sesama hacker.
2. Menganalisa kelemahan suatu sistem tanpa merusak aslinya, karena hanya mencari kelemahan atau celah keamanannya saja.
3. Mengetahui dan menyadari seluruh akibat dari apa yang dilakukannya, dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya.
4. Tidak segan-segan untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada orang lain.

Cracker

1. Memiliki komunitas bersifat tertutup dan tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya.
2. Bersifat tersembunyi dengan menggunakan IP address yang sulit dilacak.
3. Menganalisa kelemahan suatu sistem dengan bersifat merusak atau mengacak-acak,  karena mencari keuntungan atau kepentingan sendiri yang bisa merugikan pihak lain.

Jadi, hacker dan cracker sama-sama memiliki ilmu dan keahlian tinggi dalam bidang komputer. Di satu sisi hacker memanfaatkan ilmunya untuk membantu orang, sedangkan cracker melakukan tindakan merusak dan merugikan pihak lain.

Semoga penjelasan di atas dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan agar Sobat Nida bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. (Dina Nazhifah)

Sumber: unma(dot)ac(dot)id dan berbagai sumber
Ilustrasi: google

 

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...