Inilah Usia Produk Make Up yang Kita Pakai

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, sudah berapa lama alat makeup terpajang cantik di meja rias? 1 tahun dua tahun atau saking lamanya kita sampai lupa sudah berapa tahun. Sob, layaknya makanan produk makeup juga dapar kadaluarsa atau ‘basi’  tahun kan barang  basi itu  nggak  baik untuk kesehatan tubuh kita baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

 

Yuk kita ketahui alat jangka waktu produk kecantikan kita. berikut Nida melansir dari huffingtonpost(dot)com

 

Menurut selebriti makeup artist Jamie Greenberg, untuk mengetahui tingkat kadaluarsa produk make up, kita dapat menggunakan indra penciuman. Ia  mengatakan "kamu  harus mencium makeup," kata Greenberg. Jika ada sesuatu yang sudah tidak baik hidung kita pasti bisa mendeteksi dan hal tersebut berarti mengharuskan kita untuk membuangnya Sob.

 

1.      Foundation

Formula pada foundation  dapat bertahan sekitar 1 sampai 2 tahun lamanya. Namun, foundation sendiri hanya dapat bertahan selama 6 bulan pada pemakaiannya. Jika foundation Sobat Nida sudah jatuh pada masa Expired menurutnya kita mebutuhkan foundation baru yang memeri formula pada kulit kita.  

 

2. Bedak, blush on, eyeshadow  atau produk makeup lain berjenis bubuk

Menurut Greenverg usia produk kecantikan ini ilaha 1 sampai 2 tahun. Ketahannya lebih lama karena bentuk produknya yang kering tidak cair seperti foundation. Namun, pemeriksaan yang rutin diperlukan ya Sob, menurutnya jika tersapat perubahan baik dari segi warna ataupun bau baiknya alat makeup tersebut segera dibuang.

 

3.      Eyeliner

Pada eyeleniner berjenis pensil Sobat Nida dapat menyimpannya selama 6  bulan sampai 1 tahun, menurut Greenberg “ jika kita meletakan dengan baik eyeliner pencil dan diraut secara berkala setelah pemakaian maka ia dapat bertahan sekitar 1 tahun lamanya”. Namun untuk eyeliner gel hanya dapat bertahan selama 6 bulan sampai 8 bulan lamanya karena proses pemakainya yang rentan terhadap bakteri dengan mencelupkan kuas kedalam tubenya.  

 

4.      Mascara

Mascara umumnya dapat bertahan sekitar 3 sampau 6 bulan lamanya. Menurut Greenberg ketahanan mascara dapat disimpan dalam 6 bulan adalah dengan tdak melakukan kesalahan umun seperti mencelupkannya berkali-kali pada satu pemakaian. Karena dari sana akan berkurang formulanya dan pemicu tumbuhnya bakteri Sob.

 

5.      Lipstik

Pada lipstik ketahanannya cukup lama yakni 2 tahun dan kadaluarsanya sangat umum dapat diketahui melalui perubahan warna, tekstur dan baunya Sob. Namun, jika tanda-tanda itu sudah muncul sebaiknya segera membuangnya Sob.

 

6.      Produk alami

Dan yang terakakhir adalah segala  produk kecantikan dengan bahan alami dan bebas bahan pengawet. Produk ini hanya tahan sekitar 3  sampai 6 bulan lamanya “ menyimpannya  di dalam lemari es akan dapat membuat produk ini bertahan lebih lama. Namuan, bahan alami memang akan lebih cepat kadaluarsa” tambah Greenberg .

 

Jadi, coba cek produk makeup kita ya Sobat Nida. Jika ada yang kadaluarsa segera buang atau tandai. Alih-alih cantik yang ada banyak keluhan muncul akibat dari produk kosmetik yang kita pakai sudah masuk masa kadaluarsa. Semoga bermanfaat!

 

Referensi : dari berbagai sumber

Foto ilustrasi : google

Nurul  Aprillianti

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...