Inilah yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Adakah diantara Sobat Nida yang sebentar lagi ingin menikah? Jika ada, kamu dapat mempersiapkan beberapa hal ini sebelum menikah. Persiapan menikah tidak hanya sebatas menyiapkan gedung, kartu undangan pernikahan, atau dekorasi panggung yang indah, tapi ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar nantinya pernikahanmu menjadi sebuah pernikahan yang sakinah, mawaddah, wa rahmah. Oleh karena itu, simaklah 10 persiapan yang dapat kamu lakukan sebelum menikah, yaitu sebagai berikut:

1. Niat Karena Allah
Sobat Nida, di dalam Islam, niat merupakan sesuatu yang sangat penting. Ibadah apapun tidak akan bernilai jika kita tidak meniatkannya karena Allah. Jadi sudah sepatutnya kita mengawali apapun karena Allah, termasuk dengan menikah. Ikhlaslah kepada Allah dan niatlah ingin menjaga diri dari perbuatan dosa serta maksiat dengan cara menikah, agar dapat menyempurnakan setengah agamamu. Oleh sebab itu, jangan lupakan hal pertama dan paling utama yang harus dipersiapkan jika kamu dan pasanganmu ingin bahagia dalam kehidupan berumah tangga nantinya, yaitu niat karena Allah.

2. Wawasan tentang Pernikahan
Jika sudah niat, jangan lupa untuk menambah wawasanmu mengenai dunia pernikahan, baik pra maupun pasca pernikahan. Perbanyaklah membaca buku atau mengikuti kajian yang membahas masalah pernikahan agar kelak ketika Sobat Nida sudah menikah, mental dan fisikmu sudah siap menghadapi hal-hal baru mengenai kehidupan berumahtangga.

3. Mental
Ketika menikah, kamu akan menemukan berbagai kondisi atau keadaan yang mengharuskan kamu berpikir bersama dan saling memberikan penjagaan kepada pasangan. Tentunya hal ini membutuhkan persiapan mental yang matang.

4. Kepribadian dan Akhlak
Sobat Nida, ingatlah bahwa lelaki baik akan mendapatkan wanita baik, demikian juga dengan wanita baik akan mendapatkan lelaki baik. Oleh karena itu, perbaikilah kepribadian dan akhlakmu sekarang juga, agar kelak mendapatkan pasangan yang baik pula.

5. Fisik
Persiapkanlah kesehatan dan kebugaran tubuhmu sebelum menikah. Jangan lupa untuk rutin berolahraga serta memeriksa kesehatanmu dan calon pasangan ke dokter, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit menular diantara kedua belah pihak. Lakukanlah pre-marital check-up. Kamu bisa mencari tahu keuntungan, biaya, tempat, dan tes apa saja yang dikerjakan dari pre-marital check-up dari internet, kerabat atau komunitas diskusi pernikahan.

6. Keuangan
Diskusikanlah mengenai keuangan kepada pasanganmu. Rencanakanlah bersama-sama penyesuaian kebiasaan hidup sesudah menikah, termasuk juga arah finansial bersama-sama. Apakah kalian ingin langsung memiliki anak atau konsentrasi pada pekerjaan? Bagaimana cara kalian melunasi utang atau memberi pertolongan pada keluarga yang membutuhkan? Apakah kalian butuh mengambil angsuran tempat tinggal atau membeli mobil baru?

Agar diskusi ini berjalan dengan objektif dan netral, Sobat Nida dapat memakai layanan independent financial planner. Lewat diskusi ini, kamu dan pasangan akan melihat fakta sebenarnya dari keadaan keuangan bersama.

7. Konsepsional
Menikah merupakan ajang untuk menambah ibadah dan pahala, bukan sekedar pelampiasan hawa nafsu. Jadi, pahamilah konsepnya terlebih dahulu, sebelum kamu melangkah lebih lanjut. Diskusikanlah kepada pasangan, apakah konsep pernikahan kalian satu tujuan atau tidak.

8. Sosial
Sobat Nida, seseorang yang akan menikah baiknya memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang di tempat nanti pasangan yang akan menikah itu tinggal. Pernikahan tidak hanya menyangkut mempelai saja, tetapi juga melibatkan partisipasi orang-orang di sekelilingnya.

9. Nasihat Orangtua
Ketika Sobat Nida telah mendapatkan pasangan yang dirasa sudah cocok, jangan lupa untuk meminta izin dan ridho kepada kedua orangtua. Karena ridho orangtua memiliki peran penting dalam kebahagiaan rumahtanggamu kelak.

10. Masa Depan
Meskipun tidak dihadapi dalam kurun waktu dekat, masa depan pernikahanmu harus dibicarakan sebelum terikat status suami istri. Tidak cuma untuk kamu serta pasangan, namun untuk anakmu. Seperti dana untuk melahirkan, sekolah anak, serta semua keperluan primer dan sekunder yang harus tercukupi.

Sobat Nida, demikianlah 10 persiapan yang dapat kamu lakukan bersama pasangan sebelum melangsungkan pernikahan. Bahwasanya persiapan menikah bukan hanya mengenai akad, resepsi, mahar, dan sebagainya. Tapi, bagaimana persiapanmu dalam menghadapi dunia pernikahan yang akan berlangsung seumur hidup. (Dina Nazhifah)

Sumber: Berbagai sumber
Ilustrasi: Google

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...