Jaga Usus Kita Dengan Hal Ini Sob

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, salah satu bagian dari sistem pencernaan yang sangat penting ialah usus. Di usus inilah sari-sari makanan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh diserap. Jika usus mengalami masalah, maka penyerapan nutrisi makanan juga bermasalah dan akan berimbas langsung pada tubuh. Oleh karena itu, kita harus lebih baik dalam menjaga kesehatan. Lantas, apa sajakah yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan usus?

1. Konsumsi Probiotik
Probiotik merupakan bakteri baik yang umumnya terdapat pada makanan fermentasi dan suplemen. Bakteri ini bisa menambah jumlah bakteri baik di dalam usus. Salah satu jenis probiotik adalah Bifidobacteria dan biasanya paling banyak terkandung dalam yoghurt. Studi pada jurnal 'Gastroenterology', menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 125 gram yoghurt dua kali sehari selama empat minggu, otaknya menjadi lebih tenang saat dihadapkan dengan situasi yang buruk.

2. Tidak Stres
Ketika mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan berbagai jenis hormon untuk merespon stres yang terjadi, seperti meningkatkan adrenalin dan sistem imun mengeluarkan sitokin, yaitu zat untuk menangani peradangan. Jika stres terus terjadi maka sistem kekebalan tubuh akan terus mengirimkan sinyal peradangan ke seluruh bagian tubuh, termasuk bakteri baik. Pada keadaan normal, bakteri baik bersama sistem kekebalan tubuh akan menjaga dan melawan semua benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Tapi, ketika sinyal peradangan terus diterima oleh bakteri baik, ini dapat mengganggu fungsi dan bahkan jumlahnya di dalam usus.

3. Kurangi Mengonsumsi Gula dan Makanan Olahan
Gula merupakan jenis karbohidrat sederhana yang sangat mudah dicerna oleh tubuh dan terdiri dari glukosa dan fruktosa. Ketika gula terlalu banyak masuk ke tubuh, gula tersebut akan langsung diserap dan tidak memerlukan bantuan bakteri baik untuk mencernanya sehingga bakteri baik tidak mendapatkan ‘makanan’ dan kemudian kelaparan. Kemudian bakteri yang lapar akan menggerogoti lapisan lendir dinding-dinding usus. Selain itu, gula merupakan sumber makanan utama dari bakteri buruk dalam tubuh, yaitu Candida Albican, bakteri yang menyerang dan merusak dinding usus.

4. Membatasi Antibiotik
Antibiotik merupakan musuh dari bakteri dalam tubuh. Tidak hanya bakteri yang tidak baik yang dilawan oleh antibiotik, namun bakteri baik pun terkena dampaknya. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang yang mengonsumsi antibiotik dalam waktu yang lama serta dosis yang banyak akan mengurangi jumlah dan jenis dari bakteri baik di dalam usus.

5. Perbanyak Minum Air Putih
Usus yang dehidrasi secara terus-menerus dapat menyebabkan sembelit, yaitu kondisi yang menyebabkan penumpukan racun dalam usus besar. Inilah sebabnya mengapa pentingnya memastikan bahwa diri kamu sudah mendapatkan minum yang cukup setiap hari.

6. Perbanyak Konsumsi Makanan Mengandung Serat
Serat bisa disebut sebagai sumber makanan yang diperlukan bagi bakteri baik karena proses pencernaannya tidak mudah. Konsumsi serat yang dianjurkan untuk dimakan dalam satu hari yaitu sebanyak 33 hingga 39 gram serat. Selain itu, serat juga mampu menjaga lapisan lendir yang ada di usus.

Sobat Nida, itula beberapa cara untuk menjaga kesehatan usus. Perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat serta menjaga pola hidup agar kesehatan pencernaan dan ususmu tetap terjaga. (Dina Nazhifah)

Sumber: carakhasiatmanfaat(dot)com, hellosehat(dot)com, wolipop(dot)detik(dot)com
Ilustrasi: Google

 

 

 

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...