Jangan Cela Saudaramu yang Berbuat Dosa

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, apa yang biasanya Sobat Nida lakukan ketika melihat saudara atau orang di sekitar kita melakukan sebuah kemaksiatan?

Prihatin, bersedih, mencela, atau bahkan (na'udzubillah) justru ikut terjerumus ke dalam kemaksiatan tersebut?

Sudah menjadi hal umum di masyarakat kita, apabila ada saudara yang bermaksiat, justru malah mencela orang tersebut. Membicarakannya baik secara berbisik satu sama lain, atau bahkan terang-terangan membicarakannya. Menggembar-gemborkan baik di sosmed maupun kepada orang lain.

Sebagai seorang tidak sepatutnya kita mencela saudara kita yang melakukan perbuatan dosa. Sebab Rasulullah pun melarangnya.

عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سِبَابُ الْمُسْلِمِ فُسُوقٌ وَقِتَالُهُ كُفْرٌ

Dari Ibnu Mas'ud dia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Mencela orang muslim adalah kefasikan, dan membunuhnya adalah kekufuran." (HR Ibnu Majah No 3929)

Selain mencela merupakan perbuatan fasik, mencela orang tersebut juga menunjukkan sisi sifat sombong. Seakan-akan diri kita lebih baik dari orang tersebut.

Dari Mu’adz bin Jabal, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang menjelek-jelekkan saudaranya karena suatu dosa, maka ia tidak akan mati kecuali mengamalkan dosa tersebut.” (HR. Tirmidzi no. 2505)

Na'udzubillah ...

Kita tidak tahu bagaimana akhir dari kehidupan kita. Masa depan adalah rahasia dan hanya Allah yang mengetahuinya. Kita tidak boleh sombong hanya karena saat ini kita masih berdiri di atas jalan keimanan. Sebab besok atau lusa, bisa jadi kita sudah berada di jalan yang tak sama. Di jalan yang mungkin pernah kita cela. Jalan yang penuh dosa.

Semoga Allah jauhkan kita dari sifat sombong.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...