Jangan Memaksa Allah ketika Berdoa

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, pernah kesel nggak ketika merasa udah capek berdo'a selama bertahun-tahun tapi kok Allah nggak ngabulin juga.

Atau karena saking memiliki keinginan yang sangat terhadap sesuatu, akhirnya kita lupa adab dan berdo'a tapi malah terkesan maksa dan ngancam Allah.

Kalau keshalihannya sekelas Rasulullah sih gpp ya berdo'a pake ngancem. Sebagaimana Rasulullah juga dulu pernah berdo'a untuk kemenangan umat Muslim ketika perang Badar. Tapi... Kalau imannya cetek, shalatnya bolong-bolong, ngajinya kagak pernah, kok ya berani amat maksa Allah.

Di dalam Islam berdo'a pun memiliki adab-adabnya. Salah satunya adalah kita berdo'a dengan mantap tanpa memaksa Allah. Sebab Allah adalah penguasa seluruh alam dan kehidupan, tidak patut bagi kita untuk meminta tetapi dengan cara memaksa.

Coba simak hadits berikut ini:

عَنْ أَنَسٍ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَعَا أَحَدُكُمْ فَلْيَعْزِمْ فِي الدُّعَاءِ وَلَا يَقُلْ اللَّهُمَّ إِنْ شِئْتَ فَأَعْطِنِي فَإِنَّ اللَّهَ لَا مُسْتَكْرِهَ لَهُ

Dari Anas dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika salah seorang dari kalian berdoa hendaklah benar-benar mantap dalam mengharap, dan janganlah mengatakan; 'ALLAHUMMA IN SYI'TA FA'THINI (Ya Allah jika Engkau menghendaki maka berikanlah untukku), karena sesungguhnya Allah 'azza wajalla tidak ada yang bisa memaksa." (HR Muslim No 4837)

Berdo'a dengan mantap dan sungguh-sungguh Sob. Jangan pernah ragu jika kita meyakini bahwa yang kita pinta adalah sebuah kebaikan.

Sebab Allah selalu sesuai prasangka hamba-Nya. Jika kita yakin dan percaya bahwa Allah adalah pengabul do'a, niscaya Allah akan benar-benar mengabulkan do'a yang dipanjatkan dengan kesungguhan.

Dan Allah lebih tahu, apa-apa yang terbaik untuk hambanya.

Perbaiki cara dan do'a kita yuk Sob!

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...