Jangan Terburu-buru Ketika Mendengar Iqamah

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, biasanya apa yang kamu lakukan ketika akan melaksanakan shalat berjama'ah di masjid, eh tiba-tiba sudah terdengar kumandang iqamah. Padahal belum selesai berwudhu dan jarak menuju tempat utama shalat cukup jauh dari tempat wudhu.

Biasanya sih, karena nggak mau ketinggalan shalat berjama'ah karena sayang gitu, sebagian dari kita mungkin akan berwudhu dengan cepat dan berlari atau terburu-buru menuju tempat shalat dan bergabung ke barisan shaff yang sedang shalat. Walhasil masih ngos-ngosan kita udah mulai takbir dan menyimak atau mengikuti gerakan imam shalat. Padahal hal ini nggak dibenarkan Sob. Coba simak hadits berikut ini.

أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا أُقِيمَتْ الصَّلَاةُ فَلَا تَأْتُوهَا تَسْعَوْنَ وَأْتُوهَا تَمْشُونَ وَعَلَيْكُمْ السَّكِينَةُ فَمَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوا وَمَا فَاتَكُمْ فَأَتِمُّوا

Abu Hurairah berkata; Saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila shalat telah dibacakan iqamah, maka janganlah kalian mendatanginya dengan berlari, akan tetapi datangilah dalam keadaan berjalan biasa, dan hendaklah kalian tenang. Apa pun yang kalian dapatkan dengan jama'ah maka lakukanlah, dan apa yang tertinggal maka sempurnakanlah."  (HR Abu Daud No 485)

Sebagaimana yang kita tahu ya Sob, bahwa shalat itu lebih afdhal kalau dikerjakan secara tuma'ninah atau tenang, nggak keburu-buru. Jadi kalau shalatnya masih ngos-ngosan gitu secara otomatis mengurangi kekhusyu'an shalat ya Sob.

Di dalam riwayat lain juga ditegaskan terkait perintah ini Sob. Simak ya haditsnya.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي قَتَادَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أُقِيمَتْ الصَّلَاةُ فَلَا تَقُومُوا حَتَّى تَرَوْنِي وَعَلَيْكُمْ بِالسَّكِينَةِ

Dari 'Abdullah bin Abu Qatadah dari Bapaknya berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika iqamah telah dikumandangkan maka janganlah berdiri hingga kalian melihat aku, dan hendaklah kalian melakukannya dengan tenang." (HR Bukhari No 602)

So, mulai sekarang kalau kamu udah ketinggalan jama'ah atau mendengar iqamah, nggak usah terburu-bru ya Sob. Karena demikianlah yang Rasulullah ajarkan kepada kita.

Wallahua'lam bishawab. Semoga bermanfaat.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...