Jika Merasa Rezekimu Sempit, Coba Muhasabah Diri

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, pernah bingung atau bertanya-tanya kenapa rezeki kita kok segini-gini aja? Udah bekerja keras dari petang ke petang, udah ikhtiar macem-macem tapi kok ya nasibnya masih gini-gini aja? Sementara ketika kita melihat orang lain di sekitar kita yang keliatan kerjanya santai tapi kehidupannya jauh lebih baik. Allah kayaknya nggak adil ya?

Pernah? Kalau iya, istighfar dulu  yuk. 

Sobat Nida tahu nggak, kalau ternyata salah satu penghalang rezeki seorang hamba adalah karena dosa-dosanya. Hal ini sebagaimana sebuah hadits berikut.

عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الرَّجُلَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِالذَّنْبِ يُصِيبُهُ وَلَا يَرُدُّ الْقَدَرَ إِلَّا الدُّعَاءُ وَلَا يَزِيدُ فِي الْعُمُرِ إِلَّا الْبِرُّ

Dari Tsauban berkata; Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam bersabda; "Seseorang itu terhalang dari rizki karena dosa yang dilakukannya, tidak ada yang menolak takdir selain doa dan tidak ada yang menambahi umur selain kebaikan." (HR Ibnu Ahmad No 21352)

Di dalam Al-Qur'an juga disebutkan bahwa setiap perbuatan akan dibalas sebanding. Kebaikan atau keburukan, Allah pastilah akan memberinya balasan yang seadil-adilnya.

Allah SWT berfirman:

مَنْ عَمِلَ سَيِّـئَـةً فَلَا يُجْزٰٓى اِلَّا مِثْلَهَا   ۚ  وَمَنْ عَمِلَ صَالِحًـا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَاُولٰٓئِكَ يَدْخُلُوْنَ الْجَـنَّةَ يُرْزَقُوْنَ فِيْهَا بِغَيْرِ حِسَابٍ

"Barang siapa mengerjakan perbuatan jahat maka dia akan dibalas sebanding dengan kejahatan itu. Dan barang siapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan, sedangkan dia dalam keadaan beriman maka mereka akan masuk surga, mereka diberi rezeki di dalamnya tidak terhingga." (QS. Ghafir [40]: 40)

Jadi, kalau selama ini Sobat Nida masih ada yang bertanya-tanya kenapa rezekinya gitu-gitu aja, nggak ada perubahan, atau merasa selalu kurang, yuk kita muhasabah diri. Dosa-dosa apa yang masih sering kita lakukan dan upaya apa yang bisa kita lakukan untuk berupaya menghindari dosa-dosa tersebut supaya Allah memberikan balasan berupa kebaikan untuk kita. 

Setelah kita bertaubat, In shaa Allah pintu rezeki itu pun akan terbuka bagi siapaun hamba-Nya yang beiman dan bertakwa. Dan kita perlu ingat Sob, bahwa tidak ada hijrah yang sia-sia, melainkan Allah pasti akan memberikan balasan kebaikan yang berlimpah.

Allah SWT berfirman:

وَمَنْ يُّهَاجِرْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ يَجِدْ فِى الْاَرْضِ مُرٰغَمًا كَثِيْرًا وَّسَعَةً   ۗ  وَمَنْ يَّخْرُجْ مِنْۢ بَيْتِهٖ مُهَاجِرًا اِلَى اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ اَجْرُهٗ عَلَى اللّٰهِ  ۗ  وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

"Dan barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di Bumi ini tempat hijrah yang luas dan (rezeki) yang banyak. Barang siapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh, pahalanya telah ditetapkan di sisi Allah. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. An-Nisa' [4]: 100)
 
Foto ilustrasi : Google 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...