Jujur Jangan Sampai Gugur

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Assalaamu’alaikum wr. wb.

Hiks… sedih deh. Bukan sulap bukan sihir tapi faktanya… kehidupan sekeliling kita makin jauuuh dari nilai-nilai kejujuran. Ya dari level paling atas macam serangan fajar jelang pemilu kemarin, hingga di level paling bawah macam pelajar nggak pede yang nyontek di UN belum lama. Banyak yang nggak jujur! Eeeh, jangan-jangan kita juga termasuk dalam oknum nggak jujur itu lagi, Sob? Ya ya, bisa jadi bisa jadiii!
 

Soalnya jujur itu cakupannya luas, Sob. Mulai dari niat dalam hati, ucapan, tekad, hingga amal sehari-sehari. Belum dikatakan jujur kalau masih lebih senang ibadah kita dilihat orang lain, melebihkan ucapan padahal beda dari kenyataan, bertekad rajin bersedekah setelah diberi rizki tapi malah berbelok ketika rizki sudah diberi, deelel.
 

Padahal begitu banyak kabar baik dari Allah swt di dalam Al-Qur’an yang Mulia, juga kabar baik dari hadits Rasulullah SAW untuk mereka yang jujur.
 

“Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS. az-Zumar: 33)
 

“Senantiasalah kalian jujur, karena sesungguhnya kejujuran itu membawa kepada kebajikan, dan kebajikan membawa kepada surga. Seseorang yang senantiasa jujur dan berusaha untuk selalu jujur, akhirnya ditulis di sisi Allah sebagai seorang yang selalu jujur. Dan jauhilah kedustaan karena kedustaan itu membawa kepada kemaksiatan, dan kemaksiatan membawa ke neraka. Seseorang yang senantiasa berdusta dan selalu berdusta, hingga akhirnya ditulis di sisi Allah sebagai seorang pendusta.” (hadits)
 

Islam juga mengajarkan kepada kita tentang kejujuran melalui kisah Ka’ab bin Malik, Hassan bin Tsabit dan Abdullah bin Rawahah, yang berlama-berlama di rumah hingga tertinggal berangkat perang Tabuk. Emang jujur itu pahittt banget, ya?! Nggak tanggung-tanggung, yang member hukuman Allah langsung! Atas perintah-Nya, mereka bertiga diisolasi selama 50 hari oleh seluruh penduduk Madinah termasuk Rasulullah en keluarga inti mereka. Hingga datang utusan dari Syam menawarkan pertolongan en perlindungan, yang ditolak dengan keras oleh ketiganya. Hukuman pun selesai, makin terujilah keimanan mereka. Hingga akhir hayatnya, Ka’ab tidak pernah berkata dusta walau sekali kepada siapapun. Masya Allah!

 

Mungkin kita perlu diingatin lagi kali ya akan manfaat jujur bagi kehidupan di dunia. Ini diaaa!

1.       Jujur nggak bikin kantong bolong!



Masa siyh, Nid? Yaiya donk! Coba bayangin, ada orang cuma bisa makan di warteg, tapi ngoyo mau sering-sering nongkrong di Sevel bahkan Starbuck. Pun judulnya cuma nongkrong-nongkrong bareng sohib, pastilah ada aja yang dibeli. Cuma bisa ngadain pesta walimah yang ala kadarnya, tapi ngoyo mesti di gedung. Yah, bikin kantong bolong itu mah! Mending jujur sama diri sendiri aja keles!

 

2.       Jujur itu dicari rekan/perusahaan

Buat kamu bisnisman/wati ataupun karyawan/wati, inget deh… kebanyakan rekan bisnis/perusahaan lebih mencari orang nggak pintar-pintar amat tapi jujur daripada orang pintar tapi nggak jujur. Soalnya orang nggak pintar bisa diajarin biar jadi pintar. Tapi kalau orang sudah nggak jujur, susah dibuat jadi jujur. Sudah karakter booo’! Dan berita baiknya, makin ke sini makin sedikiiit orang jujur di dunia ini. Jadi kalau kita masih mempertahankan kejujuran bahkan dari hal-hal kecil, dijamin kita dicari-dicari rekan/perusahaan!
 

3.       Jujur itu indikator syukur

Bingitz! Orang jujur itu, kalau memang kemampuannya cuma 3, nggak akan dilebih-lebihin bilang 8. Nggak ngeyel bilang 8 yang walaupun rezeki bakal nambah tapi Allah malah nggak ridho.  Percaya deh, asal sudah usaha maksimal dengan cara-cara yang Allah suka, let Allah take the rest. Dijamin pintu-pintu rezeki terbuka dari arah yang nggak disangka-sangka. Okeee.

 

4.       Jujur itu investasi paling menguntungkan

Apa yang paling mahal di dunia ini, Sob? Bukan emas ataupun berlian, lhooo, melainkan kepercayaan. Emas en berlian mah masih bisa dibeli dengan uang, tapi kepercayaan nggak bisa dibeli dengan apapun saking mahalnya. Jadi kalau ada orang jujur yang hidupnya selalu manjur, itu sih bonus doank. Balasan sesungguhnya dari kejujuran kita adalah kepercayaan orang lain, Sob!

 

Yukkk, kita perbaiki diri kita sama-sama untuk makin jujur dalam segala keadaan dimulai dari hal-hal kecil. Semangka! ^_^ #ntms

Wassalaamu'alaikum wr. wb. 

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...