Kamu Tipe Orang yang Mempersulit Atau Mempermudah Orang Lain?

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, coba perhatikan diri kita masing-masing... Misal, pas lagi pesan ojek online misalnya, bersediakah kita keluar sedikit, mencari tempat yang mudah ditemukan oleh driver, atau menyuruh driver belak-belok di gang kecil demi menjemput diri kita di rumah?

Itu hanya hal kecil, banyak hal lainnya yang bisa memperlihatkan apakah kita seorang yang suka mempermudah atau justru mempersulit orang lain.

Ada yang tiap keluar mobil minta dibawakan tas dan disambut layaknya ratu. Ada yang tiap mau makan sesuatu selalu minta tolong orang lain kupasin atau belikan, tapi tak mau bagi-bagi. Ada pula yang ketika menyuruh seseorang gak kira-kira... Seperti orang lain itu budaknya, diperas sampai tak ada tenaga yang tersisa.

Padahal sebagai muslim, kita telah dicontohkan akhlak mulia oleh Rasulullah, salah satunya untuk mempermudah setiap urusan:

"Mudahkanlah setiap urusan & janganlah kalian mempersulitnya, buatlah mereka tenang & jangan membuat mereka lari." [HR. Bukhari No.5660]

Memang benar kita memiliki hak sebagai seorang atasan untuk memerintah staf bawahan kita di kantor, tapi kalau bisa dipermudah, mengapa harus dipersulit?

Benar bahwa sebagai guru atau dosen, kita berhak menyuruh murid begini dan begitu, kalau memang itu berguna untuk mereka yaa bagus, tapi kalau hanya sekadar untuk 'pamer' bahwa kita memiliki kuasa atas mereka, rasanya gak perlu yaa...

Ketika kita mempermudah urusan orang lain, in syaa Allah urusan kita pun akan dipermudah oleh Allah.

Sebaliknya, kalau kita senantiasa membuat susah orang lain hingga sesak dadanya mengikuti segala perintah kita, barangkali adzab Allah pada diri kita tinggal menghitung waktu.

Kalau bingung... Kok ada sih orang yang selalu mempersulit orang lain tapi hidupnya selalu gampang dan enak-enak saja? Barangkali itulah fenomena Istidroj? Allah tidak lagi mempedulikannya sehingga membiarkannya hidup normal, berkubang dengan dosa-dosa. Naudzubillah min dzalik.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...