Kandungan Berbahaya di Lipstik yang Perlu Diwaspadai

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, remaja ini mencari lipstik sudah seperti menjadi kebutuhan kaum hawa. Penyebarannya yang ada dimana-mana layaknya ‘kacang goreng’  memudahkan kita untuk mendapatkannya. Namun, ada fakta yang tak bisa terhindarkan bahwa lebih dari 3 bahan berbahaya ada di beberapa produk lipstik yang beredar selama ini.

Sob, bahaya yang terdapat pada lipstik ini sangat mengkhawatirkan. Tak tanggung-tanggung kanker bahkan penyakit yang bisa menyerang organ lain dalam tubuh dapat berkembang di dalam tubuh.

Berikut beberapa kandungan berbahaya yang berhasil Nida rangkum dari berbagai sumber : 

1.        Tocopheryl acetate

Pada posisi pertama terdapat Tocopheryl acetate atau disebut juga vitamin E asetat ditemukan dalam banyak produk kecantikan termasuk lipstik. Jangan terkecoh dengan nama 'vitamin E' nya ya Sob zat kimia ini bisa menyebabkan masalah pada kulit, yaitu membuat iritasi, sensasi terbakar, gatal-gatal, dan lecet. Hal ini adalah gejala yang masih bisa digolongkan dalam kategori ringan.

2.       Parafin

Parafin masih tergolong sedikit terdapat pada kandungan lipstik. Meski begitu, penggunaan lipstik yang berlebihan juga membuat kita terkena paparan parafin yang cukup banyak. Zat kimia ini bisa menyebabkan kerusakan pada enamel gigi dan menyebabkan karies gigi Sob.

3.       Triclosan

Pada peringkat tiga terdapat Triclosan yang  biasanya digunakan sebagai bahan pengawet dalam banyak produk lipstik. Para peneliti menemukan bahwa triclosan berkaitan dengan masalah pada otot dan jantung. Zat kimia ini juga ditakutkan bisa membuat bakteri kebal terhadap antibiotik dan menyebabkan masalah pada kesehatan manusia Sob.

 

Baca juga: Inilah Beberapa Fungsi Lain Lipstik Selain untuk Bibir

 

4.       Timbal dan Logam Berat

Dua unsur ini didengar saja sudah cukup mengerikan ya Sob. Namun, zat ini memang terdapat pada beberapa lipstik kualitas buruk Sob. Kandungan timbal dalam lipstik bisa mempengaruhi sistem saraf otak dan menjadi penyebab ketidakseimbangan hormon dan infertilitas.Sementara beberapa logam berat yang juga sering ditemukan dalam lipstik yaitu kromium dan kadmium dalam tingkat tinggi. Seperti yang kamu duga, bahan ini bisa merusak bibir dan dalam jangka panjang akan menimbulkan masalah pada organ ginjal yaitu gagal ginjal dilansir dari doktercantik(dot)com.

5.       Retinyl Palmitate

Retinyl palmitate  cukup sering ditemukan dalam produk lipstik dan kabar buruknya sudah masuk kategori berbahaya. The Cosmetics Database mengkategorikan bahan ini sebagai “moderate hazard” atau bahaya tingkat menengah. Bahan ini memiliki efek paling serius terhadap wanita yang tengah hamil. Bukan hanya pada wanita hamil,  pada wanita yang tidak hamil pun tak terhindarkan. Beberapa masalah besar yang bisa disebabkan karena kandungan kimia ini yaitu kanker dan masalah reproduksi.

6.       Methylparaben

Kode danger  terdapat pada bahan yang dibuat agar lipstik lebih awet dan tahan lebih lama. Lagi-lagi The Cosmetics Database memberi label bahan ini namun  dengan label “high hazard” atau bahaya tingkat tinggi. Hal ini disebabkan karena kandungan methylparaben dalam lipstik bisa menyebabkan masalah pada kulit termasuk juga kanker kulit dan organ-organ lainnya dalam tubuh, terutama ginjal.

7.       Propylparaben

Yang  terakhir ialah Propylparaben Sama dengan methylparaben, propylparaben juga ditemukan dalam banyak produk kosmetik. Zat kimia ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan mata, terutama jika Sobat Nida  memiliki kulit sensitif. Selain itu, zat kimia ini juga diketahui memiliki efek racun dan mampu memicu kanker.

Beberapa cara seperti melihat kandungan pada label lipstik dapat menjadi antisipasi dini. Pasalnya bahan-bahan berbahaya ini tidak hanya terdapat pada lipstik murahan. Namun, terdapat juga pada lipstik dengan model terkenal bahka mendunia. Jadi, leboih cermat dan sayangi diri ya Sob. Semoga bermanfaat!

Referensi : dari berbagai sumber

Foto ilustrasi: google

Nurul Aprillianti

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...