fikih

Ukhti, Baca Quran dan Ngaji Saja Tidak Cukup, Perbaiki Akhlakmu

Sobat Nida, suka bingung gak sih lihat muslimah yang rajin baca quran, rajin ikut pengajian, tapi untuk urusan akhlak malah bermasalah? Ada yang selalu pasang tampang cemberut alias merengut, ada yang tidak peduli dengan kesusahan orang lain, ada yang berkata kasar, ada yang hobi men-judge orang lain, ada juga yang suka bikin orang susah. Hadeuh... Di mana bekas ngaji dan

Berhijablah Meskipun Terpaksa

Sobat Nida, sudahkah kamu berhijab? Atau masih menggunakan alasan ‘nunggu hidayah ah biar mantap’ atau ‘takut ih akhlaknya belum baik, aku aja masih pacar-pacaran’ atau ‘mau hijabin hati dulu say’ atau ‘enggak ah nanti nyari pekerjaannya susah’  dan yang paling ilmiah ‘ih panas nanti ketombean

Bolehkah Memperlama Sujud Akhir dalam Shalat?

Sobat Nida, pernah ikutan shalat berjamaah dengan imam yang lumayan lama (lebih lama dari biasanya) ketika sujud terakhir? Denger-denger sih, karena saat sujud tersebut do'a-do'a kita akan diijabah, jadi deh memperlama sujud untuk memperbanyak do'a-do'a. Bagaimana sih penjelasan lengkapnya? Apakah hal itu boleh dilakukan? Atau termasuk sunah? Berikut ini

Perlukah Berdzikir Setelah Shalat Sunah Rawatib?

Sobat Nida, yang jadi kebiasaan banyak orang setelah melaksanakan shalat fardhu atau shalat wajib lima waktu adalah duduk sejenak untuk berdzikir dan berdo'a, lalu melaksanakan shalat sunah rawatib. Nah, bagaimana jadinya setelah melaksanakan shalat sunah rawatib? Apakah kita harus berdzikir lagi? Berikut ini ulasan Nida. Ibnu Hajar al Haitami rahimahullah berkata,

Bagaimana Hukum Buang Angin Saat Sedang Membaca Al Quran?

Sobat Nida, buang angin alias kentut adalah sesuatu yang nggak bisa kita kendalikan. Pas lagi asyik ngobrol dengan teman-teman, suasana dan udara sekitar bisa berubah saat ada suara, 'bruuut...' atau 'preketek, preketek...' Nggak cuma pas ngobrol, mungkin ada dari kita yang mengalami, sedang membaca al qur'an tiba-tiba nggak tahan dan akhirnya