Kenali 5 Penyebab Bau Badan

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, bau badan berlebh tidak hanya mengganggu bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain. Oleh sebab itu, setiap orang harus pandai merawat dirinya sendiri, agar orang lain tidak merasa terganggu ketika bersama kita.

Sayangnya, ada juga orang yang saking cueknya, tidak menyadari bahwa tubuhnya itu bau atau memiliki bau badan berlebih. Jadi ya kemana-mana masa bodoh, karena memang dia nggak tahu kalau badannya burket. Makanya Sob, kalau kamu kenal atau tahu ada orang yang burketnya kebablasan dan selama ini keliatan biasa-biasa aja padahal orang pada nggak betah deketan lama sama dia, ada baiknya kamu deketin dan kasih tahu secara baik-baik. Soalnya kasihan Sob, masak nggak punya temen gara-gara burket.

"Emang ada Nid?"

Ada Sob ...

Pada dasarnya, keringat dihasilkan oleh dua kelenjar penting di dalam tubuh, yakni kelenjar accrine dan kelanjar apokrin. Kelenjar accrine mengeluarkan cairan yang banyak mengandung air dan tidak berbau. Ini biasanya keluar di dahi, punggung atau tangan. Sementara kelenjar apokrin letaknya lebih luas di dalam tubuh. Biasanya ada di bagian tubuh yang memiliki perakaran rambut seperti organ intim, ketiak, dan di dalam hidung. Kelenjar ini akan bereksresi dengan bakteri yang berperan dakam proses pembusukan, sehingga muncullah yang namanya bau badan. Biasanya sih kelenjar ini aktif setelah masa pubertas.

Terus apa aja sih penyebab bau badan yang umumnya dimiliki oleh orang-orang? Ini dia

1. Hormon

Hormon dalam tubuh biasanya baru aktif ketika masa pubertas. Sementara pada wanita, hormon akan meningkat ketika masa menstruasi. Peningkatan hormon biasanya juga memicu banyaknya keringat. Itu sebabnya ketika menstruasi para wanita harus senantiasa menjaga kebersihan agar dapat meminimalisir bau badan.

2. Faktor Genetik

Salah satu penyebab burket adalah kelainan genetik yang disebut dengan Trimethylaminuria (TMAU). Trimethylaminuria merupakan suatu keadaan dimana tubuh tidak dapat memetabolisme trimethylamin (semacam kandungan protein yang bisa ditemukan di berbagai macam makanan seperti ikan, telur, hati). Sehingga bau badan seperti bau amis ikan pun muncul.

Meskipun Trimethylaminuria ini termasuk gangguan yang langka/jarang terjadi oleh orang-orang Sob. Yang pasti, ini bakal sangat mengganggu banget ya Sob.

3. Kegemukan

Orang yang memiliki berat badan berlebih berpotensi untuk mengeluarkan bau badan tidak sedap juga Sob. Kenapa? Karena umumnya orang yang kegemukan memproduksi dan mengeluarkan keringat lebih banyak. Keringat tersebut cenderung terperangkap di lipatan-lipatan kulit.

4. Penyakit/Faktor Medis

Keringat berlebih bisa jadi juga merupakan tanda beberapa penyakit Sob. Bahkan, pengidap diabetes biasanya memili bau yang kurang sedap. Hal ini karena gula darah pada pengidap diabetes cenderung tidak terkontrol sehingga meningkatkan kondisi yang disebut ketoasidosis (sebuah komplikasi diabetes mematikan yang disebabkan kurangnya insulin dalam tubuh manusia)

5. Aktivitas berlebih

Ini mah umum banget ya Sob. Orang-orang yang memiliki aktivitas berlebih apalagi di luar ruangan, pasti akan memproduksi keringat secara berlebih pula, apalagi kalau cuaca di luar panas. Normal atau wajar aja Sob. Tapi jangan lupa untuk menggunakan deodoran atau parfum untuk mengurangi bau badan tersebut.

Itu dia lima penyebab burket atau bau badan yang perlu sobat Nida kenali. Apa yang kita konsumsi juga berpengaruh terhadap bau badan kita Sob. Jadi tetap jaga kesehatan ya. Supaya kita tidak mengganggu orang lain karena bau badan yang tidak sedap.

 

Sumber: Diambil dari berbagai sumber

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...