Ketika Dilamar oleh Pegawai Bank

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, bagi orang awam, dilamar oleh seorang pegawai bank tentu menyenangkan, gajinya pasti terjamin gitu loh. Akan tetapi bagi yang sudah memahami hukum Islam, pasti mempertanyakan status halal atau tidaknya harta yang diperoleh dari bekerja di bank. Soalnya kita tahu benar transaksi di perbankan sangat lekat dengan masalah riba, meskipun ada beberapa transaksi yang aman tidak terindikasi riba, tapi sebagian besar berkaitan dengan sistem riba. Sementara itu, riba merupakan salah satu dosa besar dalam Islam.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, pemberi makan riba, yang mencatat, dan dua saksi” (HR. Muslim)

Coba bayangkan kalau sumber penghasilan untuk keluarga kita berasal dari uang riba, duh... serem dong yah. Ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan kalau dilamar oleh pegawai bank, atau pegawai finance lainnya yang terindikasi sistem riba:

1. Tanyakan apakah ia mau pindah pekerjaan

Dr Yusuf Al-Qardhawi, seorang ulama internasional, memberikan jawaban atas permasalahan riba ini. Menurut beliau, bekerja di bank konvensional hukum asalnya adalah haram, namun apabila tidak ada atau belum ada pekerjaan di tempat lain, maka pegawai tersebut berada dalam kondisi darurat sampai adanya pekerjaan pengganti yang halal dan tidak syubhat.

Oleh sebab itu, kalau orang yang melamarmu itu mau berupaya meninggalkan pekerjaannya sebagai pegawai bank, in syaa Allah memperlihatkan keinginannya untuk menjaga harta halal untuk istri dan anaknya kelak.

2. Berdoa pada Allah untuk meminta pengganti yang lebih baik, yang memiliki pekerjaan terjamin halal

Cobalah istikhoroh dan berdoa sebenar-benarnya pada Allah, minta untuk dipertemukan jodoh yang memiliki pekerjaan halal, terjauh dari riba, terjauh dari korupsi dan sejenisnya.

Kalau pemahamanmu sudah baik, tentunya tidak akan menggadaikan agama hanya untuk kesenangan sementara di dunia. Banyak banget kok yang begitu sudah nikah, baru deh galau terhadap status penghasilan suami, daripada gitu... mending sebelum nikah sudah dipikirkan masak-masak ya Sob.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.

Foto ilustrasi: google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...