Ketika Dua Orang Saling Mencaci Maki, Siapa Yang Menanggung Dosanya?

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, pernah nggak ngeliat orang yang berdebat sampai ke tahap mencaci-maki satu sama lain?

Yang namanya orang emosi jarang yang bisa mengontrol dirinya. Segala macam ucapan buruk nggak jarang ikut terlontar keluar. Padahal marah atau emosi itu merugikan banget lho. Nggak cuma ngerugiin diri sendiri, tetapi juga orang lain.

Pernah nggak Sobat Nida bertanya-tanya, kalau mencaci maki gitu dosa nggak sih? Terus lebih dosa mana, orang yang mencaci duluan atau yang membalas cacian tersebut juga mendapatkan dosa yang sama? Coba simak hadits berikut ini: 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْتَبَّانِ مَا قَالَا فَعَلَى الْبَادِئِ مَا لَمْ يَعْتَدِ الْمَظْلُومُ

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila ada dua orang yang saling mencaci-maki, maka cacian yang diucapkan oleh keduanya itu, dosanya akan ditanggung oleh orang yang memulai cacian selama orang yang dizhalimi itu tidak melampaui batas." (HR Muslim No 4688)

Subhanallah ... Cuma gara-gara nggak bisa menjaga lisan, seseorang tersebut malah harus menanggung dosa dua orang yang saling mencaci maki. Nggak mau kan Sob sampe harus kecipratan dosa orang lain?

Makanya nih di dalam Islam mengajarkan apa yang harus dilakukan seseorang kalau lagi marah atau emosi supaya nggak sampe menyakiti orang lain baik melalui perkataan maupun perbuatan.

أَبِي ذَرٍّ قَالَ
إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَنَا إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ قَائِمٌ فَلْيَجْلِسْ فَإِنْ ذَهَبَ عَنْهُ الْغَضَبُ وَإِلَّا فَلْيَضْطَجِعْ

Dari Abu Dzar ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepada kami: "Jika salah seorang dari kalian marah dan ia dalam keadaan berdiri, hendakah ia duduk. Jika rasa marahnya hilang (maka itu yang dikehendaki), jika tidak hendaklah ia berbaring." (HR Abu Daud No 4151)

Semoga kita termasuk orang yang dapat menjaga lisan dan terhindar dari mencaci maki orang lain ya Sob. Wallahua'lambishowab.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...