Keunggulan Orang-orang Negeri Syam (Suriah) di dalam Hadits

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, sedih bukan rasanya saat saudara kita di negeri Syam (salah satunya di Suriah) selalu mengalami perang berkepanjangan dan mengalami kesusahan yang bertubi-tubi sehingganya terjadi perang yang tak berkesudahan.

Dibalik cobaan yang diturunkan oleh Allah telah banyak keberkahan yang telah disebutkan sejak zaman Rasulullah bahwa keberkahan yang akan turun di negeri Syam pada akhir zaman.

“Beruntunglah negeri Syam. Sahabat bertanya: Mengapa? Jawab Nabi sholallahu ‘alaihi wa sallam: Malaikat rahmat membentangkan sayapnya di atas negeri Syam.” (HR. Imam Ahmad)

Dalam riwayat lain Rasulullah juga menyampaikan,

“Pada akhirnya umat Islam akan menjadi pasukan perang: satu pasukan di Syam, satu pasukan di Yaman, dan satu pasukan lagi di Iraq. Ibnu Hawalah bertanya: Wahai Rasulullah, pilihkan untukku jika aku mengalaminya. Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam:

Hendaklah kalian memilih Syam, karena ia adalah negeri pilihan Allah, yang Allah kumpulkan di sana hamba-hamba pilihan-Nya, jika tak bisa hendaklah kalian memilih Yaman dan berilah minum (hewan kalian) dari kolam-kolam (di lembahnya), karena Allah menjamin untukku negeri Syam dan penduduknya.” (HR. Imam Ahmad).

 

Baca juga: Benarkah Konflik di Suriah Disebabkan Pemanasan Global?

 

Salah satu keunggulannya juga terdapat pada wanita suriah yang sangat didambakan untuk dinikahi.

Ibnu Kholdun  menerangkan dalam kitab “Muqoddimah” tentang wanita Suriah (Syam) yang terkenal cantik-cantik.

من تزوج ﺛﻢ مات ولم يزوج المرءة الشامية كانه يموت ولم يتزوج

“Barangsiapa belum menikahi wanita syam, seakan-akan dia belum memiliki istri alias membujang.”

Dihimpun dari berbagai sumber yang didapat dari syaikh Khalid (mitra Misi Medis di Suriah) berikut adalalh keunggulan secara umum yang dimiliki wanita suriah dari berbagai kota.

Pertama, wanita Dimasyq (Damaskus) masyhur dengan rasa cinta kasihnya yang mendalam terhadap suami. Selain itu mereka dikenal multazimah (komitmen) terhadap ajaran agama islam.

Kedua, wanita Himsh (Homs) terkenal dengan kejelitaan wajahnya. Perempun Suriah secara umum memang cantik jelita. Namun wanita Homs mempunyai kecantikan di atas rata-rata perempuan Suriah lainnya.

Ketiga, wanita  Aleppo (Halab), jika Anda penikmat kuliner Suriah maka wanita Halab sangat cocok untuk dijadikan istri. Selain piawai membuat masakan yang mak-nyuss memasak memang merupakan kegemarannya. Sangat cocok juga bagi yang ingin mengembangkan usaha rumah makan.

Keempat, wanita Idlib adalah tipe pekerja keras bahkan untuk melakukan beberapa pekerjaan yang biasa dilakukan oleh laki-laki.Tidak seperti kebanyakan wanita Suriah yang meghabiskan waktu di rumah. Wanita Idlib banyak bekerja di luar bahkan sampai keluar daerah lain.

Kelima,  wanita Lattakia adalah wanita yang sangat peduli dengan kerapian dan kebersihan rumah. Susah mereka untuk melihat onggokan sampah ataupun barang perabot rumah berserak berantakan. Selain itu mereka juga dikenal sangat sayang dan perhatian dengan anak-anak.

Subhanallah. Semoga Allah menolong dan memenangkan perjuangan para mujahidin di negeri Syam, baik di Suriah dan Palestina.. Allahumma aamiin.

Referensi : dari berbagai sumber

Foto ilustrasi: google

Nurul Aprillianti

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...