Kiat Agar Istiqamah Sesuai Sunnah

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, yang namanya hati siapa yang bisa jamin ya. Setiap detik atau kapanpun mah bisa dan gampang banget berubahnya. Kemarin ngomong A, sekarang B, tadi bilang begini eh sebentar lagi bilang begitu. Pokoknya hati gampang banget deh berubahnya.

قَالَ الْمِقْدَادُ بْنُ الْأَسْوَدِ لَا أَقُولُ فِي رَجُلٍ خَيْرًا وَلَا شَرًّا حَتَّى أَنْظُرَ مَا يُخْتَمُ لَهُ يَعْنِي بَعَدَ شَيْءٍ سَمِعْتُهُ مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قِيلَ وَمَا سَمِعْتَ قَالَ
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَقَلْبُ ابْنِ آدَمَ أَشَدُّ انْقِلَابًا مِنْ الْقِدْرِ إِذَا اجْتَمَعَتْ غَلْيًا

Berkata Al Miqdad bin Al Aswad: Aku tidak menilai baik atau buruk pada seseorang hingga aku melihat akhir hidupnya, yaitu setelah aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Ia ditanya: Apa yang kau dengar? Berkata Al Miqdad bin Al Aswad: Aku mendengar Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sungguh hati manusia itu lebih berbolak-balik melebihi tungku bila airnya mendidih."
 (HR Ahmad No 22699)

Trus gimana ya supaya kita bisa istiqamah untuk hidup sesuai sunnah?

Tips dari Nida ini nggak bakal jadi jaminan juga sih, tapi seenggaknya bolehlah dicoba untuk dipraktekkin.

Berikut ini tips agar Istiqamah ala Nida:

1. Berkumpul dengan orang-orang yang shalih 

Pasti jadi inget lagi Tombo Ati ya? Hehe.

Meskipun terlihat sepele tapi berkumpul dengan orang shalih itu penting lho. Pasti pernah denger deh tentang hadits ini:

عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَةً

Dari Abu Musa radliallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Perumpamaan teman yang shalih dengan teman yang buruk bagaikan penjual minyak wangi dengan pandai besi, bisa jadi penjual minyak wangi itu akan menghadiahkan kepadamu atau kamu membeli darinya atau kamu akan mendapatkan bau wanginya sedangkan pandai besi hanya akan membakar bajumu atau kamu akan mendapatkan bau tidak sedapnya." (HR Bukhari No 5108)

Berkumpul dengan orang sholeh itu ya bisa dengan mendatangi majelis ilmu atau melaksanakan kegiatan-kegiatan positif lainnya. 

2. Menghangatkan Iman
Mengahangatkan iman ini jelas banyak banget ya caranya. Bisa dengan merutinkan ibadah sunnah selain ibadah wajib, memperbanyak tilawah, puasa sunnah, dll.

Dengan melakukan ibadah-ibadah sunnah, in shaa Allah keimanan kita pun akan bisa lebih baik. Karena biasanya orang yang semakin dekat dengan Allah hatinya akan lebih tenang.

3. Memastikan hanya yang halal dan thayyib saja yang kita makan
Makanan yang halal dan thayyib ini penting banget Sob. Makanya kita harus bisa memastkan bahwa yang kita konsumsi itu bukanlah sesuatu yang haram. Apa yang kita makan dapat mempengaruhi ibadah kita juga lho. Sesuatu yang haram dan syubhat dapat memadamkan ketaatan.

Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا  ۖ  وَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِ ۗ  اِنَّهٗ لَـكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

"Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu."
 (QS. Al-Baqarah [2]: 168)

4. Memperbanyak do'a

Karena hati kita itu ada dalam genggaman Allah, maka sebaiknya kita sering-sering meminta dengan berdo'a kepada Allah, supaya hati kita ini berada di dalam naungan iman Islam. Rasulullah juga mengajarkan untuk berdo'a supaya ditetapkan keimanan kita lho.

عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ يَقُولُا
أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ قُلُوبَ بَنِي آدَمَ كُلَّهَا بَيْنَ إِصْبَعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ الرَّحْمَنِ كَقَلْبٍ وَاحِدٍ يُصَرِّفُهُ حَيْثُ يَشَاءُ ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

'Abdullah bin 'Amru bin Al 'Ash berkata; bahwasanya ia pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya hati semua manusia itu berada di antara dua jari dari sekian jari Allah Yang Maha Pemurah. Allah Subhanahhu wa Ta'ala akan memalingkan hati manusia menurut kehendak-Nya." Setelah itu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdoa; 'Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-Mu! ' (HR Muslim No 4798)

Kurang lebih itu adalah empat tips dari Nida. Semoga Allah senantiasa menjaga hati kita agar senantiasa di jalan-Nya ya Sob.
 
Foto ilustrasi : Google 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...