Kiat Jitu Sukses Taaruf

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, mungkin saat ini ada yang tengah ta'aruf atau berniat untuk ta'aruf? Nida punya tips jitu nih, supaya ta'aruf kamu bisa sukses.
 
Apa aja tipsnya? Ini dia!

1. Luruskan niat

Niat ini penting banget Sob. Nggak cuma buat ta'aruf aja sih, melainkan untuk semua bentuk kegiatan yang kita lakukan harus dimulai dengan niat yang baik. Niat ini yang nantinya menentukan, apakah amalan seseorang ini akan diterima atau tidak.

عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَلَى الْمِنْبَرِ
قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ إِلَى امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Umar bin Al Khaththab diatas mimbar berkata; saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan" (HR Bukhari No 1)

Jadi, kalau Sobat Nida sudah atau sedang berta'aruf, ayo coba dilurukan lagi niatnya supaya karena Allah, bukan yang lain. Supaya ta'aruf kita bernilai ibadah dan kelak diberikan balasan pahala.

2. Minta restu orangtua

Restu orangtua juga nggak kalah penting lho Sob. Ada baiknya, meminta restu itu bukan ketika akan menikah, tapi jauh-jauh hari sebelum itu. Bahkan bisa juga dilakukan meskipun kamu belum ada niatan untuk menikah.

Kenapa harus jauh-jauh hari? Supaya kamu bisa mengkondisikan keluarga kamu, terutama orangtua. Kan nggak lucu, tiba-tiba nunjukin calon mantu ke orangtua tanpa ada basa-basi sebelumnya.

Nah, sebagai anak yang baik, perijinan ini sudah harus dilakukan dari awal. Biar nggak terkesan ngelangkahin orangtua juga Sob. Nggak mau kan pas udah kebelet nikah, calon udah ada, eh ternyata ditolak sama orangtua sendiri. Sakitnya tuh ...

3. Nggak usah sibuk mencari yang sempurna

Penting juga nih. Nggak usah nyari yang sempurna. Terkadang kita nggak sadar, bahwa yang terbaik itu ternyata ada di depan mata, tapi karena kitanya banyak pilah-pilih dan terus nyari yang sempurna, yang baik itu akhirnya pergi. Mau nyesel kayak gitu? Nggak dong ...

Lagian nih, sepatu mahal kalau nggak seukuran sama kaki kita mah, percuma juga dibeli. Jadi walaupun sederhana asalkan sesuai, pasti jadi lebih baik.

So, nggak usahlah pilah-pilih yang ketinggian. Kalau sekiranya yang dateng itu udah sosok yang shalih atau shalihah, trus ini-itunya cocok, keluarga ok, tunggu apalagi? Kesempatan baik belum tentu datang dua kali. Ya nggak?

4. Yakin

Yakin itu maksudnya gimana yak?

Yakin itu ya ... Yakin Sob. Heheh

Kalau kamu udah berniat ta'aruf, kamu harus yakin sama diri sendiri dengan keputusan yang akan kamu ambil. Minta jawaban buat meyakinkan hati kamu langsung sama Allah Sang Maha Pembolak-balik hati. Caranya? Istikharah.

Udah nggak asing lah ya sama yang namanya istikharah?

Jadi, sebelum kami memutuskan segala sesuatu, istikharah ini penting banget. Jangan ngambil keputusan cuma berdasarkan feeling aja, karena feeling juga bisa salah. Tapi kalau udah minta petunjuk sama Allah, In Shaa Allah hati akan lebih lapang menerima apapun hasilnya.

Pernah ada lho, seseorang yang ta'aruf tapi sama sekali nggak istikharah, akhirnya biduk rumahtangganya karam di tengah jalan. Meskipun ada juga yang nggak istikharah tapi rumahtangganya adem-ayem. Tapi tetep aja jalan sunnah lebih Allah ridhai.

5. Pasrahkan hasilnya kepada Allah

Kalau semua usaha udah kita lakukan, tinggal kita pasrahkan semuanya kepada Allah. Meskipun hasil terbaik itu penting, tapi proses menuju akhir juga nggak kalah penting.

Kalau semua cara sudah diikhtiarkan tapi hasilnya nggak sesuai seperti yang kita harapkan gimana?

Sabar, ada Allah yang selalu lebih tahu mana yang terbaik untuk setiap hamba-Nya. Bisa jadi yang terbaik itu masih Allah simpan untuk diberikan kepada kamu diwaktu dan tempat yang tepat.

Semoga Allah mudahkan segala niat baik yang tengah kita rencanakan ya Sob.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...