Kram Saat Berolahraga? Begini Cara Mengatasinya

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tetapi jika berolahraga terlalu berat tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu maka dapat menyebabkan kram di bagian tubuh tertentu. Mengapa hal itu bisa terjadi? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak penyebab terjadinya kram dan cara mengatasinya yang dapat Sobat Nida terapkan sendiri. Ini dia!

Kram terjadi karena otot melakukan gerakan tak sadar secara tiba-tiba hingga membuat bagian otot tersebut menegang. Dalam hal ini, beberapa otot berkontraksi di luar kendali hingga akhirnya menegang dan menjadi kram.

Saat Sobat Nida berolahraga tidak sesuai dengan porsi yang biasanya hingga berlebihan dalam menggunakan otot, juga dapat menyebabkan kram. Selain itu, usia juga mempengaruhi proses terjadinya kram. Seseorang yang semakin bertambah usianya maka semakin besar pula potensi kram terjadi.

Kekurangan vitamin B dan mineral, dehidrasi, dan elektrolit tubuh yang tidak seimbang serta peredaran darah yang tidak lancar juga menjadi penyebab terjadinya kram. Tetapi Sobat Nida tidak perlu khawatir jika mengalami kram, berikut ini cara mengatasinya:

1. Regangkan otot yang mengalami kram
Jika kram yang dialami terjadi pada otot kaki maka berbaring dan mintalah bantuan teman dari Sobat Nida untuk menarik telapak kaki ke arah kepala. Selain itu, ada cara lain yakni dengan berdiri sejauh 1 meter atau lebih dari dinding, condongkan badan anda ke depan, taruh kedua telapak tangan di dinding, dengan punggung dan lutut lurus dan telapak kaki menyentuh lantai.
2. Pijat dengan lembut otot yang mengalami kram.
3. Rendam atau kompres dengan air hangat.
4. Untuk mengatasi aktivitas fisik yang berat berikan cairan dan elektrolit untuk mengatasi dehidrasi.
5. Dokter dapat memberikan obat muscle relaxant pada kondisi tertentu.

Semoga bermanfaat ya Sob. (Fikriah NurJannah)

Sumber :

Hellosehat(dot)com dan berbagai sumber

Ilustrasi: google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...