Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Assalamu'alaikum

Dokter Dewi, saya adalah pengendara sepeda motor yang juga sering beraktivitas di luar ruangan. Kulit saya terlihat gosong, kusam, dan menjadi belang karena sering terpapar sinar matahari. Seperti di bagian telapak tangan dan wajah yang tidak tertutup jilbab. Bagaimana cara meratakan warna kulit seperti warna asli kulit saya yang kuning langsat, Dok? Terima kasih.

Wassalamu'alaikum

Seruni (21), Bekasi

 

Wa'alaikumussalam

Seruni, menghitamnya kulit saat terpapar sinar matahari merupakan mekanisme alami tubuh

untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya. Kulit membentuk melanin yang dapat memantulkan sinar ultraviolet penyebab kanker kulit. Namun memang sedikit mengganggu karena membuat kulit terlihat belang. Cara berikut bisa dilakukan untuk meratakan warna kulit seperti semula.

Gunakan tabir surya setiap ingin keluar rumah. Pilih tabir surya yang minimal mengandung SPF 15 ke atas. SPF (Sun Protector Factor)adalah  prakiraan ukuran kekuatan tabir surya dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Untuk kondisi iklim di Indonesia, 1 SPF dapat melindungi kulit dari sinar matahari selama 20 menit. Jadi, misalnya suatu tabir surya mengandung SPF 15, itu berarti perlindungannya bisa bertahan selama 15x20 menit.

Oleskan tabir surya secara merata di seluruh bagian kulit yang terpapar sinar matahari langsung. Jangan mengoles terlalu tipis atau terlalu tebal. Gunakan berulang setelah beberapa jam sekali, atau setelah kulit terkena air.
Selain itu, agar 
kulit cerah merata seluruh badan, bisa juga dengan menyuplai vitamin C untuk kulit. Blender satu buah jambu biji merah hingga menjadi jus, minum setiap hari. Jambu biji merah mengandung vitamin C yang tinggi, setara dengan satu buah kiwi. Itu sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit karena dapat membantu mengontrol pembentukan melanin di kulit, sehingga kulit terlihat lebih cerah.

 

Konsultasi Kecantikan 02-XXVIII Februari 2016

dr Dewi Inong Irana, SpKK, FINSDV

Praktik di RSIA Restu Kasih, Jakarta Timur

Foto ilustrasi : Dokumen pribadi/ Ummi 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...