Lebih Bagus Mana, Aplikasi WhatsApp atau Telegram?

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Bagi Sobat Nida yang gemar mengirim pesan melalui aplikasi mesengger pastinya mengenal WhatsApp, akan tetapi belum banyak yang mengenal Telegram. Telegram punya karakteristik mirip dengan WhatsApp. Meski hampir mirip, ternyata tak banyak yang tahu tentang keunggulan Telegram dibandingkan WhatsApp.

Dalam segi kecepatan dan penyimpanan, Telegram lebih cepat dibandingkan WhatsApp karena Telegram berbasis cloud. Sobat Nida juga tak perlu khawatir dengan basis cloud dan pilihan manajemen cache, Telegram dapat mengambil hampir nol ruang pada smartphone. Sedangkan, WhatsApp menggunakan penyimpanan di ponsel pengguna. Sehingga, tak heran jika pengguna seringkali mendapat peringatan soal memori ponsel yang hampir habis jika pesan WhatsApp sudah terlalu banyak.

Ukuran aplikasi Telegram terbilang kecil yang membuat Telegram mudah dijalankan. Telegram versi 3.8.1 pada iPhone yang dikeluarkan pada 28 April 2016 memiliki ukuran 33.1 MB. Sedangkan WhatsApp versi 2.16.2 pada iPhone yang dikeluarkan pada 13 April 2016 memiliki ukuran aplikasi 74.5 MB.

Telegram juga lebih dulu memberikan fitur berbagi file. Sementara WhatsApp baru-baru ini ada fitur berbagi file PDF. Tak hanya mengirim pesan, foto, dan video, Telegram memberikan fitur berkirim file lebih bervariasi, mulai dari doc, zip, mp3, dll. Telegram juga mengizinkan berbagi foto, video, file (doc, zip, mp3, dan lain-lain) dengan ukuran maksimum 1.5 GB per file. Jauh lebih besar dibandingkan Whatsapp yang hanya memberikan ukuran maksimum 16 MB.

Pada grup chatting, grup WhatsApp hanya menampung maksimal 256, dari yang sebelumnya hanya 100 orang. Sementara grup Telegram bisa menampung anggota grup hingga 5.000 orang.

Telegram juga punya fitur Bot, akun yang dijalankan oleh aplikasi (bukan) orang. Bot ini dilengkapi fitur AL (Artificial Intellegence–kecerdasan buatan). Bot dapat melakukan apa saja seperti game, broadcasting dan apa saja aktivitas di internet.

Telegram juga mendukung pencarian gambar gif animasi, aplikasi pengeditan foto, dan mendukung platform open sticker. Sementara WhatsApp baru memiliki sebagian dari fitur ini.

Proses penyiaran (broadcasting) Telegram dilakukan dengan menggunakan Channel. Channel dapat menampung jumlah anggota yang tak terbatas. Sedangkan, WhatsApp tidak memiliki fitur untuk menangani penyiaran/broadcasting seperti Telegram.

Untuk keamanan, Telegram juga menawarkan berbagai pilihan perpesanan aman dan rahasia. Mereka memiliki fitur chat rahasia dengan fitur pesan, foto, dan video yang bisa hancur dengan sendirinya.

Aplikasi ini juga menawarkan passcode tambahan. Sehingga pengguna perlu memasukkan passcode untuk membuka apikasi. Pengguna juga bisa mengatur agar akun Telegram mereka hilang dengan sendirinya jika pengguna tak login selama beberapa waktu. Untuk keamanan perpesanan, Telegram juga menggunakan infrastruktur multi-data center dan enkripsi. Sementara WhatsApp dan layanan perpesanan lain kemudian mengikuti jejak Telegram dengan menambahkan fitur end-to-end encription.

Sobat Nida bisa lihat perbedaannya, kan antara WhatsApp dengan Telegram? Jadi gimana nih menurut Sobat Nida lebih bagus WhatsApp atau Telegram? (Cucu Rizka Alifah)

Sumber: inet(dot)detik(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...