Makanlah Secukupnya dan Jangan Berlebih-lebihan

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdo'a: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelaparan, karena kelaparan adalah seburuk-buruk teman tidur. Dan aku berlindung kepada-Mu dari khianat, karena dia adalah seburuk-buruk sesuatu yang tersembunyi." (HR Ibnu Majah)


Sobat Nida, makan merupakan salah satu kebutuhan setiap manusia. Sehari nggak makan, pasti badan udah lemes, lunglai, letih, lesu. #Ehh kayak iklan.

Meskipun begitu, sebagai muslim kita dilarang untuk berlebih-lebihan, Sob. Termasuk soal makan. Kita diperintahkan untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Dan yang pasti, kita juga dilarang memubadzirkan makanan. Ya ambil aja sesuai porsi atau kebutuhan tubuh kita.

Nida sih suka sedih kalau pas lagi kondangan atau di tempat umum ngeliat orang nyobain (mengambil) semua jenis makanan, tapi ternyata cuma buat diicip doang. Kalau nggak habis, ditinggal dan nyari menu yang lain.

Padahal apa susahnya sih, buat makan secukupnya aja?

Sobat pasti tahu kan, kalau di luar sana banyak orang-orang yang bahkan sampai harus saling bunuh hanya demi dapat mengisi perutnya. Jangan hanya karena hidup serba ada, mau apa tinggal tunjuk, terus hidup suka-suka sendiri.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah anak Adam memenuhi tempat yang lebih buruk daripada perutnya, ukuran bagi (perut) anak Adam adalah beberapa suapan yang hanya dapat menegakkan tulang punggungnya. Jika jiwanya menguasai dirinya, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk bernafas." (HR Ibnu Majah)

Rasulullah juga pernah menegur seorang lelaki yang terdengar tengah bersendawa lho Sob.

Dari Ibnu Umar dia berkata, "Seorang lelaki bersendawa di samping Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau pun bersabda: "Tahanlah sendawamu itu di hadapan kami, sesungguhnya orang yang paling lapar di antara kalian pada hari kiamat adalah orang yang paling banyak kenyang ketika di dunia." (HR Ibnu Majah)

Na'udzubillah ya Sob. Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang yang nggak suka berlebih-lebihan.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...