Manfaat Bunga Kol Bagi Kesehatan

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, pasti sudah nggak asing dong dengan bunga kol? Bunga kol merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Cara memasaknya pun mudah. Bisa ditumis, disayur, dipanggang atau direbus dan dijadikan lalapan begitu saja.

Karena masih satu spesies, bagi orang yang tidak menyukai sayuran terkadang kebingungan untuk membedakan antara brokoli dan kembang kol. Padahal dari warna pun jelas berbeda. Brokoli berwarna hijau, dan kembang kol pada umumnya berwarna putih. Meskipun ada juga yang berwarna hijau, ungu dan oranye.

Bunga kol mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, B3, B6, vitamin C, protein, vitamin K, folat dan vitamin E. Selain itu, bunga kol juga mengandung mineral penting seperti mangan tanpa kolesterol berbahaya, fosfor, magnesium, kalium dan kalsium.

Karena kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, kembang kol ini memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh lho Sob.

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kembang kol mengandung vitamin C dan mangan yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan yang banyak ini sangat bermanfaat untuk membantu memperkuat kekebalan tubuh.

2. Mencegah Kanker

Kandungan sulforaphane dan isothiocyanate di dalam kembang kol juga ternyata dapat membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Rutin mengkonsumsi kembang kol dapat mengurangi resiko terkena serangan kanker paru, payudara, kandung kemih, kangker serviks, kanker prostat dan kanker ovarium

3. Menjaga kesehatan jantung

Vitamin K memiliki sifat anti radang. Kandungan senyawa glucoraphanin juga memastikan sirkulasi darah yang sehat, karena akan membantu menjaga pembuluh darah. Hal ini dapat membantu mencegah aliran darah tersumbat, sehingga jantung pun tetap sehat.

4. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium yang cukup tinggi, vitamin C dan K sangat baik untuk kesehatan tulang.

5. Mencegah Hipertensi dan Kolesterol

Serat dan asam lemak Omega-3 di dalam kembang kol juga dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan mencegah pengerasan arteri. Kandungan glucoraphanin dan sulforaphane pada kembang kol dapat membantu mengurangi  jumlah kolesterol jahat dan stres oksidatif. Selain itu juga akan mendorong stimulasi kolesterol HDL dan menurunkan tekanan darah.

Masih banyak lagi berbagai macam manfaat kembang kol bagi tubuh. Termasuk bagus juga untuk program diet sehat.

Meski demikian, konsumsi secara berlebihan kembang kol juga tidak baik. Sebab kembang kol juga mengandung purin yang dapat menyababkan asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Berbagai sumber

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...