Masih Remaja Tapi Sudah Banyak Kerutan, Bisa Jadi Ini Alasannya

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Assalamu'alaikum

Dokter Dewi, mengapa di bawah kelopak mata saya sudah ada kerutan, ya? Padahal saya masih muda. Apa karena saya sering begadang sehingga menyebabkan kulit di bawah mata saya muncul garis-garis seperti kerutan? Terima kasih.

Wassalamu'alaikum

Suci (16), Pandeglang

 

Wa'alaikumussalam

Suci, itu merupakan bentuk reaksi berlebihan kulit terhadap bahan kimia yang orang lain tidak apa-apa. Penyebabnya, pertama, bisa karena penggunaan berbagai produk perawatan rambut, seperti sampo, kondisioner, vitamin rambut, hair tonic, dan sebagainya. Saat digunakan, bahan kimia pada produk tersebut bisa langsung terkena kulit wajah atau bahkan menyerap ke dalam pori-pori kepala, sehingga menimbulkan reaksi alergi pada wajah. Sementara daerah kulit seputar mata merupakan daerah yang paling longgar dan paling tipis kulitnya, sehingga paling cepat bereaksi.

Efeknya, kulit menjadi kering, timbul garis-garis dan terlihat seperti keriput. Jadi itu bukan keriput seperti keriput penuaan. Sebenarnya itu cara kulit untuk membuang bahan kimia tersebut.

Ini yang harus Anda cari tahu. Apakah Anda baru saja ganti produk sampo atau mencoba suatu produk perawatan rambut? Jika ya, hentikan penggunaan produk perawatan rambut tersebut, kecuali sampo. Untuk sampo, gunakan sampo yang tidak terlalu wangi, seperti sampo bayi.

Kedua, bisa juga karena mencoba-coba produk perawatan kulit wajah. Ingat, daerah seputar mata, sudut mata, sudut hidung, dan sudut bibir itu daerah yang sangat rentan terkena alergi karena  tipis. Ingat kembali, apakah baru menggunakan krim malam, pelembap yang wangi, BB cream, CC cream, atau yang lainnya? Atau Anda malah sedang coba-coba produk baru? Jika ya, hentikan semua penggunaan produk tersebut.

Sebenarnya untuk kulit usia remaja tidak perlu menggunakan bermacam produk kecantikan, karena kulit masih cenderung sehat. Yang diperlukan paling tidak adalah tabir surya untuk melindungi kulit dari sengatan cahaya matahari dan sabun bayi untuk membersihkan wajah yang sensitif.

Jika sudah coba dihentikan atau mengganti dengan produk yang lebih ringan dan aman, kulit akan normal kembali dan garis-garis seperti kerutan itu akan menghilang dengan sendirinya. Namun kalau lebih dari seminggu masih ada kerutan, ada baiknya Anda kunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan lebih lanjut.

 

Sumber: Majalah Ummi, rubrik Konsultasi Kecantikan 11-XXVIII November 2016

dr Dewi Inong Irana, SpKK, FINSDV

Praktik di RSIA Restu Kasih, Jakarta Timur

 Foto ilustrasi : Google 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...