Mati Bukanlah Akhir, Ini yang Terjadi Ketika Seseorang Bunuh Diri

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, tentu sudah tidak asing dengan istilah “bunuh diri”. Ya perbuatan yang mencelakakan diri sendiri ini hingga dirinya meninggal dunia telah banyak kita dengar di kalangan masyarakat. Banyak hal yang melatarbelakangi terjadinya bunuh diri pada diri seseorang, diantaranya, tekanan kehidupan, ganguan psikologis, masalah keuangan hingga tidak mampu memikul beratnya beban kehidupan, dan juga rasa putus asa. Lalu Sobat Nida, bagaimana Islam melihat hal ini?

Allah Subhanhu Wata’ala berfirman dalam surat An-Nisa ayat 29 samapi 30 yang artinya, “Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. Dan barangsiapa berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya, maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.”

Dari ayat tersebut, dijelaskan bahwa seseorang yang melakukan bunuh diri telah melanggar hak dan menganiaya dirinya sendiri. Selain itu, seseorang yang bunuh diri juga akan dimasukkan ke dalam neraka. Perbuatan bunuh diri ini merupakan sesuatu yang dilarang oleh Allah.

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda dalam sebuah hadits, “Barangsiapa yang membunuh dirinya dengan sesuatu, ia akan di adzab dengan itu di hari kiamat” (HR. Bukhari no. 6105, Muslim no. 110). Selain itu, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam juga bersabda dalam sebuah hadits lainnya, yang artinya, “Dahulu ada seorang lelaki yang terluka, ia putus asa lalu mengambil sebilah pisau dan memotong tangannya. Darahnya terus mengalir hingga ia mati. Allah Ta’ala berfirman: ”Hambaku mendahuluiku dengan dirinya, maka aku haramkan baginya surga” (HR. Bukhari no. 3463, Muslim no. 113).

Sobat Nida, sungguh mengerikan adzab bagi seseorang yang bunuh diri. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam kembali bersabda dalam sebuah hadits, yang artinya, “Barangsiapa yang membunuh dirinya dengan besi, maka besi itu kelak akan berada di tangannya dan akan dia gunakan untuk menikam perutnya sendiri di dalam neraka Jahannam, kekal di sana selama-lamanya. Barangsiapa bunuh diri dengan minum racun, maka kelak ia akan meminumnya sedikit-demi sedikit di dalam neraka Jahannam, kekal di sana selama-lamanya. Barangsiapa yang bunuh diri dengan menjatuhkan dirinya dari atas gunung, maka dia akan dijatuhkan dari tempat yang tinggi di dalam neraka Jahannam, kekal di sana selama-selamanya” (HR. Bukhari no. 5778, Muslim no. 109).

Dalam hadits tersebut, telah dijelaskan betapa mengerikan siksaan yang akan dihadapi oleh seseorang yang bunuh diri. Seseorang yang melakukan bunuh diri akan disiksa di neraka jahanam sesuai dengan apa yang ia lakukan ketika membunuh dirinya sendiri, lalu kekal di dalamnya. Sungguh perbuatan tersebut adalah dosa besar yang paling buruk.

Selanjutnya, seseorang yang melakukan bunuh diri juga artinya telah melangkahi takdirnya yang telah ditentukan oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Terkait hal ini Allah berfirman dalam surat Ali Imran ayat 145 yang artinya,  “Tidaklah suatu jiwa akan meninggal kecuali dengan seizin Allah (takdir Allah), Allah telah menulis ajal kematian setiap.”  Dalam surat Al-A’raf ayat 34 juga dijelaskan, yang artinya “Maka jika ajal mereka telah datang mereka tidak mampu mengundurkannya sesaat pun dan mereka tidak mampu memajukannya (sesaat pun).”

Ketahuailah Sobat Nida, sesungguhnya kematian bukanlah akhir dari kehidupan yang dijalani. Hal ini karena akan adanya kehidupan setelah kematian dimana seseorang akan dipertanyakan atas segala yang ia perbuat di dunia. Tiada alasan untuk melakukan bunuh diri. jika mempunyai suatu masalah apapun maka berserah dirilah kepada Allah. Berdoalah dan memohonlah hanya kepada-Nya atas segala kesukaran dan beban yang dihadapi. Mintalah petunjuk untuk keluar dari masalah-masalah tersebut hanya kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Karena sesungguhnya hanya Allah tempat kita kembali dan meminta kepada-Nya. (Fikriah NurJannah)

Sumber : muslim(dot)or(dot)id
Ilustrasi : Google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...