Mau Jadi PNS? Inilah yang Harus Kita Persiapkan

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Soba Nida, salah satu persyaratan menjadi Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disingkat dengan PNS yakni mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian Calon Pegawai Negeri Sipil. Dalam pelaksanaannya tentu tidak mudah Sob. Kita harus mempersiapkan banyak hal agar dapat lolos menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil. Lalu apa saja hal yang perlu dipersiapkan tersebut?

Berkut hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil.

1.  Menyiapkan kondisi psikologis

Menyiapkan kondisi psikologis merupakan aspek terpenting yang menjadi modal dasar menghadapi tes CPNS. Keinginan kuat untuk lolos tes CPNS sehingga menjadi Pegawai Negeri Sipil perlu diiringi dengan kondisi psikologis yang baik.

2.  Bekali pemahaman materi yang baik

Bekali diri dengan informasi dan pengetahuan dan pemahaman materi yang baik. Hal ini menjadi poin utama yang tidak kalah penting. Penguasaan materi yang telah disiapkan merupakan faktor yang juga paling menentukan keberhasilan Sobat Nida dalam menghadapi tes CPNS. Pelajarilah materi dan informasi  agar dapat menguasainya sehingga menjadi bekal yang mumpuni dalam menghadapi tes CPNS nantinya.

3.  Menyiapkan dokumen pendukung

Sobat Nida perlu menyiapkan beberapa dokumen pendukung yang juga merupakan hal penting. Dokumen dan data penting yang perlu dipersiapkan diantaranya, Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP), Tahun dan nomor ijasah pendidikan terakhir, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir, serta berkas pas foto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB. Selain itu perlu juga menyiapkan dokumen berkas fotokopi digital ijasah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB, surat elektronik (Email) yang biasa dan selalu diakses secara berkala. Hal ini diperlukan karena informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.

Bukan hanya dokumen-dokumen tersebut, tetapi juga judul dan abstrak tugas akhir, tesis ataupun disertasi. Selain itu, untuk pelamar lulusan dari luar negeri diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Dikti – Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijasah.

Selanjutnya, diterangkan pula "Peserta diimbau melakukan registrasi lamaran melalui situs yang benar, mengisi formulir dengan benar dan lengkap. Kesalahan pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan berkas digital pendukung yang telah diunggah akan mengakibatkan ketidaklulusan pada tahap I (verifikasi administrasi)" ungkap penjelasan surat edaran tersebut.

Kebenaran isian serta berkas digital yang diunggah akan dicek pada saat verifikasi fisik sebelum ujian tulis. Ketidaksesuaian data akan mengakibatkan peserta digugurkan dan tidak diperkenankan mengikuti ujian tulis. Dalam proses verifikasi, panitia tidak memiliki (dan tidak diberi) wewenang untuk melakukan perubahan pada isian. Oleh karenya, dalam mengisi dan melengkapi persyaratan serta menyiapkannya perlu lebih teliti dan cermat, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

4.  Berdoa

Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah Subhanahu Wata’ala.  Sesungguhnya hanya Allah yang dapat menentukan segala yang terjadi terhadap hasil yang akan diraih nantinya. Manusia dapat berencana tetapi Allah yang menentukan. Berserah dirilah dan terus berdoa hanya Allah agar apa yang diinginkan dapat tercapai. (Fikriah NurJannah)

Sumber : finance(dot)detik(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

 

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...