Mengapa Dajjal Dinamakan Al Masih

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Mengapa Dajjal Dinamakan Al-Masih?

Sobat Nida, seperti kita ketahui bahwa akhir zaman sudah menunjukkan tanda-tandanya. Salah satu tanda akan datangnya akhir zaman atau kiamat ialah keluarnya Dajjal. Fitnah atau cobaan yang ditimbulkan oleh Dajjal ialah seberat-beratanya ujian yang akan dihadapi manusia kelak.

Banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa Dajjal memiliki nama lain, yaitu Al-Masih. Sebenarnya, apakah arti dari Al-Masih? Mari, disimak!

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di akhir tasyahudnya berdoa:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَعَذَابِ الْقَبْرِ، وَفِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari adzab neraka, adzab kubur, fitnah hidup dan mati, dan dari kejahatan al-Masih Dajjal.” (HR. Nasa’i, Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah dan yang lainnya).

Hadits di atas menjelaskan bahwa nama lain dari Dajjal ialah Al-Masih. Julukan ini diberikan oleh Allah Ta’ala kepada Nabi Isa dan Dajjal. Diberikannya julukan Al-Masih kepada Dajjal, menunjukkan bahwa Dajjal akan menunaikan pekerjaan atas nama orang suci ini. Inilah sebenarnya yang menyebabkan ia disebut Dajjal atau penipu, karena ia menggunakan nama “Al-Masih”, seorang Nabi dan hamba Allah yang tulus, tetapi ia berbuat sesuatu yang bertentangan sama sekali dengan ajaran beliau.

Ibnu Atsir berkata:

سمي الدجال مسيحاً، لأن عينه الواحدة ممسوحة، والمسيح: الذي أحد شقي وجهه ممسوح، لا عين له ولا حاجب

Dajjal disebut Masih, karena salah satu matanya terhapus. al-Masih: orang yang salah satu sisi wajahnya mamsuh (terhapus), tidak ada matanya dan tidak ada alisnya.” (Jami’ al-Ushul, 4:204)

Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa makna Al-Masih yang digunakan Dajjal merupakan makhluk Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang salah satu matanya tertutup karena dihapus oleh Allah Ta’ala. Dajjal adalah makhluk bermata satu. Itulah sebabnya Dajjal disebut Al-Masih, karena matanya yang terhapus.

Ada juga yang berpendapat bahwa arti Al-Masih pada Dajjal ialah karena Dajjal menutup kebenaran menjadi seolah kesalahan dan kesalahan ditutupi Dajjal sehingga terlihat seolah kebenaran.

Sobat Nida, demikianlah penjelasan mengapa Dajjal memiliki nama lain, yaitu Al-Masih. Semoga bermanfaat. (Dina Nazhifah)

Sumber: konsultasisyariah(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: google

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...