Mengapa Islam Melarang Memanjangkan Kuku??

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, Islam adalah agama yang sempurna yang di dalamnya mengatur seluk beluk kehidupan umatnya hingga kebagian yang kelihatannya sepele sekalipun, termasuk soal memanjangkan kuku.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Ada lima macam fitrah , yaitu : khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari no. 5891 dan Muslim no. 258)

 

Bagi Muslim sendiri, memanjangkan kuku hukumnya makruh, bahkan tidak diperbolehkan memanjangkan kuku lebih dari 40 hari sebagaimana perkataan Anas Bin Malik radhiyallahu ‘anhu berikut.
“kami diberi tenggat waktu untuk memotong kumis, memotong kuku, dan mencukur rambut ketiak dan mencukur rambut kemaluan, yaitu hendaknya tidak dibiarkan lebih dari 40 hari” (HR. Muslim)

Memanjangkan kuku dilarang karena kuku yang panjang dapat menimbulkan masalah. Seperti dalam bersuci. Apabila di sela-sela kuku terdapat kotoran yang menghalangi air untuk sampai kepada kulit, maka bersucinya menjadi tidak sah. Padahal, thaharah atau bersuci adalah hal yang sangat penting. Apabila wudhunya seseorang tidak sempurna, maka secara otomatis shalatnya pun tidak sempurna.

Selain itu, kuku yang panjang juga dapat menimbulkan masalah lain seperti dapat melukai diri sendiri karena tercakar atau tergaruk, lebih berpeluang banyak bankteri yang tinggal di dalam kuku karena perawatan yang kurang bersih, menyulitkan dalam melakukan atau memegang sesuatu benda. Dan yang pasti, ketika hendak makan tanpa menggunakan sendok, kita akan kesulitan untuk menyuap makanan ke dalam mulut.

 

Referensi : berbagai sumber

Foto ilustrasi : google

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...