Mengapa Tiap Bangun Tidur Ada Bekas Tidur di Mata dan Mulut?

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, sering kita bertanya dan mengeluh soal sakitnya badan selepas tidur, atau sering  bingung lantaran mimpi tadi malam tak bisa kita ingat alur ceritanya? Lalu bagaimana bekas tidur yang menempel di area mata dan mulut yang muncul? Pernah kita bertanya?

 

Ternyata hal tersebut memiliki alasan ilmiah yang sangat penting loh Sob,berikut Nida melansir dari Detik(dot)com.

 

Kerak putih atau yang biasa disebut bekas tidur yang menempel di sudut-sudut bibir, atau lebih gaulnya lagi disebut ‘kerak iler’. Yaa Sob, bekas tersebut adalah hasil dari fenomena ngiler yang terjadi saat malam hari.

 

Dalam bahasa ilmiahnya biasa disebut sialorrhea, yaitu suatu kondisi yang dialami oleh jutaan orang dalam tidurnya setiap malam. Hal ini terjadi ketika seseorang bermimpi atau saat istirahat.

 

Kondisi ngiler atau Sialorrhaei sangat umum terjadi terutama dikala letih atau tidur saat bagian mulut terbuka. Namun, kejadian ini bisa jadi berbahaya apabila kondisi ngiler ini berlebih dan memiliki efek lain pada tubuh. Ada baiknya seusai itu Sobat Nida mengeceknya pada dokter.

 

Untuk kondisi bekas tidur di mata alias  tahi mata alias ‘belek’ merupakan fenomena yang umum terjadi saat bangun tidur. Menurut dokter spesialis mata RS Universitas Airlangga, dr M. Nurdin Zuhri, SpM, pada waktu tidur memang benar terjadi regenerasi pada sel-sel di mata. Nah, pada proses tersebut sel-sel yang telah mati akan digantikan oleh sel-sel yang baru.

 

Menurut dokter Nurdin sel-sel yang mati ini menumpuk dan mengalir bersama air mata, sehingga waktu bangun tidur akan terdapat kotoran mata pada sudut mata. Pada saat tidur pula cairan mata akan otomatis keluar dan berfungsi untuk melindungi permukaan bola mata Sob.

 

Kotoran-kotoran dari debu dan lainnya saat beraktivitas sepanjang hari juga akan tersapu oleh air mata atau oleh efek berkedip. Hal ini juga dapat terjadinya muncul tahi mata saat bangun.

 

Hal keluarnya belek mata ini sangat umum dan menunjukan kesehatan kita. namun, jiak kondisinya sudah keluar terlalu banyak. Dan berubah warna seperti kehijauan atau kuning. Ada baiknya diperiksa pada dokter yang dipercaya Sob. Hal tersebut dikhawatirkan adalah gejala tidak sehatnya mata kita.

Semoga bermanfaat!

 

 

 

Referensi : dari berbagai sumber

Foto Illustrasi : google

Nurul Aprillianti

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...