Mengenal Tingkat Kepangkatan di TNI AD

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, setiap Negara memiliki tentara yang melindungi dan menjaga agar masyarakatnya terhindar dari ancaman-ancaman dari pihak internal maupun eksternal. Salah satu negara yang juga memiliki tentara adalah Indonesia. Tentara Negara Indonesia atau biasa disebut TNI memiliki tingkat kepangkatan lho. Lalu apa saja tingkat kepangkatan tersebut? Yuk kita belajar tingkat kepangkatan dalam TNI.

Tentara Negara Indonesia terbagai atas 3 yakni TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.  Salah satu yang akan dibahas adalah tingkat kepangkatan TNI Angkatan Darat.

Terdapat empat pangkat yang dikenal termasuk dalam tingkatan perwira tinggi dalam jenjang kepangkatan TNI AD. Berikut, adalah urutan pangkat perwira tinggi TNI AD dari pangkat bawah hingga pangkat TNI AD tertinggi.

1. Brigadir Jendral
Brigadir Jenderal Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI AD) disingkat dengan nama Brigjend. Brigadir Jendral adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira tinggi TNI AD. Selain itu, lambang pada pangkat brijend dalam TNI AD adalah satu bintang.

2. Mayor Jenderal
Pangkat Mayor Jenderal Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI AD) yang disingkat dengan nama Mayjen. Pada pangkat ini merupakan satu pangkat diatas Brigadir Jenderal dibawah Letnan Jenderal. Lalu, lambang pada pangkat Mayjen dalam TNI AD adalah dua bintang.

3. Letnan Jenderal
Pada pangkat Letnan Jenderal Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI AD) atau yang disingkat dengan nama Letjen merupakan pangkat diatas Mayor Jenderal dibawah Jenderal. Tanda pangkat Letnan Jenderal dalam TNI AD yaitu tiga bintang.

4. Jenderal
Pangkat Jenderal Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI AD) ialah pangkat tertinggi dalam sistem kepangkatan TNI AD. Selain itu, tanda pangkat Jendral dalam TNI AD yakni bintang empat.

Disamping itu terdapat juga tiga pangkat yang dikenal termasuk dalam tingkatan perwira menengah pada jenjang kepangkatan TNI AD. Berikut merupakan urutan pangkat perwira menengah TNI AD dari tingkatan pangkat paling bawah hingga tingkatan pangkat TNI AD tertinggi.

1. Mayor
Pangkat Mayor TNI AD merupakan pangkat paling bawah dalam jajaran pangkat perwira menengah TNI AD. Selain itu, lambang pada pangkat Mayor TNI AD yakni satu bunga melati emas.

2. Letnan Kolonel
Pada pangkat Letnan Kolonel TNI AD ini biasanya disingkat dengan nama Letkol. Pangka Letkol merupakan satu pangkat diatas Mayor. Lambang pada pangkat Letnan Kolonel TNI AD ini adalah dua bunga melati emas.

3. Kolonel
Pangkat Kolonel TNI AD merupakan pangkat tertinggi di dalam jajaran kepangkatan perwira menengah TNI AD. Selain itu, lambang pada gambar pangkat Kolonel TNI AD yaitu, tiga bunga melati emas.

Bukan hanya pangkat perwira tinggi dan menengah saja. Tetapi ada pula pangkat perwira pertama TNI AD. Pada jenjang kepangkatan TNI AD dikenal 3 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat perwira pertama. Berikut urutan pangkat TNI AD Perwira Pertama mulai dari tingkat pangkat terendah hingga tingkat pangkat TNI AD tertinggi.

1. Letnan Dua
Pada tingkat Letnan Dua TNI AD atau yang juga disingkat Letda merupakan pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira pertama TNI AD. Lambang pada pangkat Letda TNI AD ini yaitu, satu balok emas.

2. Letnan Satu
Pangkat Letnan Satu TNI AD yang disingkat Lettu adalah pangkat diatas Letnan Dua dibawah Kapten. Selain itu, lambang yang digunakan pada pangkat Lettu TNI AD adalah dua balok emas.

3. Kapten
Perlu diketahui, pangkat Kapten merupakan pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat perwira pertama TNI AD. Tanda yang digunakan pada pangkat Kapten TNI AD ini yaitu, tiga balok emas.

Bukan hanya tingkatan itu saja, pada tingkat kepangkatan TNI AD yang dikenal 2 pangkat termasuk dalam tingkatan pangkat Bintara Tinggi. Berikut merupakan urutan pangkat TNI AD Bintara Tinggi mulai dari tingkatan pangkat terendah hingga tertinggi :

1. Pembantu Letnan Dua
Letnan Dua TNI AD atau yang juga disingkat Letda merupakan pangkat terendah dalam jajaran pangkat bintara tinggi TNI AD. Lambang yang digunakan pangkat Pembantu Letnan Dua TNI AD, yaitu satu balok emas bergelombang.

2. Pembantu Letnan Satu
Pangkat Pembantu letnan satu merupakan pangkat tertinggi pada jajaran pangkat bintara tinggi TNI AD. Tanda yang digunakan pada pangkat Pembantu Letnan Satu TNI AD adalah dua balok emas bergelombang.

Sementara itu, ada pula pangkat Bintara TNI AD. Pada jenjang kepangkatan TNI AD ini dikenal 4 pangkat yang termasuk pada tingkatan pangkat perwira tinggi. Berikut urutan pangkat perwira tinggi TNI AD mulai dari tingkatan pangkat terendah hingga tertinggi :

1. Sersan Dua
Pangkat pada Sersan Dua TNI AD yang juga disingkat Serda merupakan pangkat terendah pada  jajaran pangkat Bintara TNI AD. Lambang pada pangkat Sersan Dua TNI AD adalah satu balok kuning menyerupai huruf V.

2. Sersan Satu
Sersan Satu TNI AD disingkat juga Sertu adalah pangkat diatas Sersan Dua dibawah Sersan Kepala. Lambang pangkat Sertu TNI AD adalah dua balok kuning menyerupai huruf V.

3. Sersan Kepala
Sersan Kepala TNI AD yang disingkat juga Serka. Pangkat ini merupakan pangkat diatas Sersan Satu dibawah Sersan Mayor. Lambang pada pangkat Sersan Kepala TNI AD yaitu tiga balok kuning menyerupai huruf V.

4. Sersan Mayor
Sersan Mayor adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Bintara TNI AD, gambar pangkat di TNI untuk Sersan Mayor adalah empat balok kuning menyerupai huruf V.

Selanjutnya ada pula, pangkat Tamtama Kepala TNI AD. Pada jenjang kepangkatan TNI AD ini  dikenal 3 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat tamtama kepala. Berikut tingkatannya mulai dari terendah hngga tertinggi :

1. Kopral Dua
Kopral Dua TNI AD yang juga disingkat Kopda, yakni pangkat terendah dalam jajaran pangkat Tamtama Kepala TNI AD. Selain itu, lambang pada pangkat Kopral Dua TNI AD yakni satu balok merah menyerupai huruf V.

2. Sersan Satu
Pada pangkat Kopral Satu TNI AD juga disingkat Koptu. Pangkat ini merupakan pangkat diatas Kopral Dua dibawah Kopral Kepala. Lambang pada pangkat Koptu TNI AD ini yaitu dua balok merah menyerupai huruf V.

3. Kopral Kepala
Kopral Kepala merupakan pangkat tertinggi pada jajaran pangkat Tamtama Kepala TNI AD. Lambang pada pangkat ini yaitu tiga balok merah menyerupai huruf V.

Terakhir, terdapat pangkat Tamtama TNI AD. Pada jenjang kepangkatan TNI AD ini dikenal 3 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat tamtama. Berikut tingkatannya mulai dari terendah hingga tertinggi :

1. Prajurit Dua
Prajurit Dua TNI AD yang lebih dikenal dengan singkatan Prada merupakan pangkat terendah dalam jajaran pangkat Tamtama TNI AD. Lambang pangkat pada Prajurit Dua TNI AD adalah satu balok merah lurus.

2. Prajurit Satu
Prajurit Satu TNI AD yang juga disingkat Pratu adalah pangkat diatas Prajurit Dua dibawah Prajurit Kepala. Lambang yang digunakan pada pangkat Pratu ini yaitu, dua balok merah menyerupai lurus.

3. Prajurit Kepala
Prajurit Kepala adalah pangkat tertinggi pada jajaran pangkat Tamtama TNI AD. Gambar lambing yang digunakan pangkat Prajurit Kepala ini adalah tiga balok merah lurus.

Sumber : kepangkatan(dot), bukubiruku(dot)com
Ilustrasi: Google 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...