Menyempurnakan Shalat Berjamaah dengan Meluruskan Shaf

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, shalat merupakan amalan utama dan yang pertama akan dihisab langsung oleh Allah kelak. Oleh sebab itu kita harus belajar untuk memperbaiki kualitas shalat kita.

Salah satu syarat kesempurnaan di dalam shalat berjama'ah adalah dengan merapikan atau meluruskan shaf. Sayangnya nih, realita di masjid atau mushola nggak begitu. Setiap orang seolah sudah memasang atau memiliki blok masing-masing dan ditandai dengan menggunakan sajadah. Semakin lebar sajadahnya, maka semakin luas daerah kekuasaannya. Ada yang nginjek atau nyerempet sajadahnya dikit, langsung dielus-elus dan dirapihin lagi sajadahnya. Seolah pingin bilang gini: "Ape Lu nyenggol-nyenggol kapling gue?!"  Wkwk

Ada juga yang pas ditegur baik-baik supaya merapatkan barisan dan merapikan shafnya, eh malah melototin orang yang negur. Wkwkwk. Ini pengalaman Nida banget nih Sob. Dipelototin emak-emak di Masjid besar. Padahal waktu itu Nida udah minta tolongnya alus... Banget. Yaudahlah ya, dipelototin gitu Nida langsung melipir cantik.

Atau mungkin Sobat Nida pernah gitu, pas shalat ngerapetin kaki dan pundak ke jama'ah di sebelahnya, eh orang tersebut malah terus geser-geser kaki n badannya karena nggak mau bersentuhan. Padahal niatnya cuma biar shafnya nggak bolong-bolong. Wkwkwk. Iya, ini pengalaman Nida juga kok. *Sigh*

Sobat Nida pernah menemui hal yang sama? Sabar...

Meskipun di masjid-masjid atau mushola tertentu imamnya sudah mengingatkan supaya jama'ahnya merapikan shaf, tapi belum tentu jama'ahnya ini nurut. Masih aja pada jauh-jauhan kayak lagi musuhan. Tentu saja hal ini bertentangan dengan apa yang Rasulullah ajarkan.

Dari Anas dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Luruskan shaf-shaf kalian, karena sesungguhnya meluruskan shaf termasuk kesempurnaan shalat (berjama'ah)." (HR Abu Daud No 572)

Meskipun terkesan gampang dan sederhana, tapi toh nyatanya sunah yang satu ini masih susah buat dipraktekkin. Sayang banget ya... Kalau shalatnya jadi nggak sempurna.

Tapi semoga setelah membaca ini, Sobat Nida bisa lebih merapikan shaf saat shalat berjama'ah ya. Nggak bikin kavling-kavling pribadi lagi. Hehe.

Wallahua'lam bishawab. Semoga bermanfaat.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...