Meraup Pahala dengan Memperbanyak Amal Shalih

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, segala macam perbuatan yang kita lakukan selama di dunia ini pastilah kelak akan mendapatkan balasan. Baik-buruknya, Allah tidak akan pernah salah dalam menilai dan akan memberikan keputusan dengan seadil-adilnya.

Allah SWT berfirman:

وَاَمَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ فَيُوَفِّيْهِمْ اُجُوْرَهُمْ ۗ  وَ اللّٰهُ لَا يُحِبُّ الظّٰلِمِيْنَ

"Dan adapun orang yang beriman dan melakukan kebajikan, maka Dia akan memberikan pahala kepada mereka dengan sempurna. Dan Allah tidak menyukai orang zalim." (QS. Ali 'Imran [3]: Ayat 57)

Oleh sebab itu, selama masih diberikan kesempatan hidup berupa nikmat usia, sudah selayaknya kita manfaatkan dengan memperbanyak amal shalih. Sebab dengan beramal shalih, kita dapat mengharapkan pahala serta ampunan dari Allah Subhanahu wata'ala.

Oya, beramal itu nggak melulu dengan harta ya Sob. Semua hal atau kebaikan yang kita lakukan itu ya bisa juga disebut dengan amal shalih. Kita bersedekah, berbuat baik terhadap sesama, saling tolong-menolong, menghormati, juga termasuk amal shalih.

Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda:
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ
قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا بَنِي سَلِمَةَ أَلَا تَحْتَسِبُونَ آثَارَكُمْ
وَقَالَ مُجَاهِدٌ فِي قَوْلِهِ
{ وَنَكْتُبُ مَا قَدَّمُوا وَآثَارَهُمْ }
قَالَ خُطَاهُمْ وَقَالَ ابْنُ أَبِي مَرْيَمَ أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ حَدَّثَنِي حُمَيْدٌ حَدَّثَنِي أَنَسٌ أَنَّ بَنِي سَلِمَةَ أَرَادُوا أَنْ يَتَحَوَّلُوا عَنْ مَنَازِلِهِمْ فَيَنْزِلُوا قَرِيبًا مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فَكَرِهَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُعْرُوا الْمَدِينَةَ فَقَالَ أَلَا تَحْتَسِبُونَ آثَارَكُمْ قَالَ مُجَاهِدٌ خُطَاهُمْ آثَارُهُمْ أَنْ يُمْشَى فِي الْأَرْضِ بِأَرْجُلِهِمْ

Dari Anas bin Malik berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai Bani Salamah, tidakkah kalian mengharap pahala dari langkah-langkah kalian?" Mujahid ketika menerangkan firman Allah: '(Dan Kami menuliskan apa yang mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan) ' (Qs. Yasin: 12) mengatakan, "Yakni langkah-langkah mereka." Ibnu Abu Maryam berkata; telah mengabarkan kepada kami Yahya bin Ayyub telah menceritakan kepadaku Humaid telah menceritakan kepadaku Anas ia berkata, "Bani Salamah pernah berkeinginan untuk pindah dari tempat tinggal mereka dan mendekat dengan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Namun Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak memperkenankan mereka mengosongkan Madinah dengan bersabda: "Tidakkah kalian mengharap pahala dari langkah-langkah kalian?" Mujahid berkata, "Langkah-langkah mereka adalah bekas-bekas perjalanan mereka di muka bumi ketika berjalan dengan kaki mereka." (HR Bukhari No 616)

Semakin sering seseorang itu melakukan amal shalih atau kebaikan selama hidup di muka bumi, maka kesempatan untuk mendapatkan pahalanya juga semakin besar. Sebab setiap anggota tubuh yang kita miliki kelak dapat menjadi saksi terhadap apa-apa yang sudah kita lakukan.

So, jangan takut, malu atau ragu untuk mengukir jejak kebaikan ya Sob. Supaya kelak dapat menjadi pemberat timbangan amal kebaikan bagi kita di yaumi hisab.

Wallahua'lam bishowab. Semoga bermanfaat.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...