Mukbang Dalam Perspektif Islam

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, mukbang merupakan tren budaya korea selatan yang saat ini sedang naik daun. Mukbang merupakan penggabungan kata dalam bahasa korea yakni muk-ja yaitu makan dan bang-song yaitu siaran. Seseorang yang muncul pada mukbang ini disebut sebagai Broadcast Jockey atau BJ. Seseorang BJ tersebut melakukan siaran secara online serta berinteraksi dengan penontonnya, sambil memakan makanan dengan porsi yang sangat banyak dan berlebihan. Melihat tren ini, bagaimanakah pandangan islam menanggapinya?

Dalam islam segala sesuatu yang berlebihan bukanlah hal yang baik. Dalam Al Qur’an Surah Al A’raf ayat 31 dijelaskan, yang artinya, “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” Pada ayat tersebut Allah Subhanahu Wata’ala menegaskan bahwa janganlah berlebih-lebih dan salah satunya adalah makanan. Allah Subhanahu Wata’ala tidak menyukai segala hal yang berlebihan.

Selain itu, tahukah Sob, bahwa makan berlebihan juga memiliki dampak yang tidak baik. Allah melarang untuk makan makanan berlebih karena hal tersebut memiliki mudharat yang akan merugikan diri sendiri. Makan berlebiha berdampak buruk pada kesehatan tubuh dan timbulnya berbagai macam penyakit.

Penyakit yang dapat timbul salah satunya adalah kencing manis. Kencing manis dapat terjadi karena fungsi pankreas menurun akibat kadar gula yang melonjak sebab pola makan yang tidak terkontrol. Selain itu, makan berlebihan juga dapat menyebabkan asam urat tinggi, meningkatnya kolestrol tubuh, tubuh menghasilkan radikal bebas yang banyak, menghambat pertumbuhan psikologis dan kecerdasan, serta kegemukan.

Oleh karena itu Sobat Nida, menahan nafsu untuk tidak makan berlebihan dan makanlah secukupnya. Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Jika Sobat Nida ingin melakukan mukbang sebaiknya jangan memakan makanan yang terlalu banyak dan berlebih karena memiliki efek yang tidak baik yang tidak disukai oleh Allah Subhanahu Wata’ala. (Fikriah NurJannah)

Sumber : cewekbanget(dot)grid(dot)id, gayahidup(dot)republika(dot)co(dot)id, dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...