Muslimah dan Selfie, Renungan untuk Muslimah Penggemar Selfie

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Bolehkah seorang muslimah melakukan selfie lalu diunggah ke sosial media? Sobat Nida sering melakukannya?

Tidak dipungkiri lagi, sosial media sudah menjadi bagian dari gaya hidup di era modern saat ini. Seseorang yang tidak aktif di sosial media biasanya ada sebutan tertentu seperti kita sering mendengar istilah "kudet" artinya kurang update dan tidak gaul. Hal tersebut mendorong semua orang untuk  bersosial media.

Di antara konsekuensi dari bersosial media adalah adanya keterbukaan informasi dan terjadinya interaksi sosial yang lebih luas. Dalam hal yang paling sederhana, seseorang dapat saling  berkomunikasi dengan yang lainnya secara lebih mudah. Dan sudah barang tentu hal tersebut akan melahirkan banyak konsekuensi baik yang positif ataupun negatif

Lalu bagaimana seorang muslimah yang aktif dalam bersosial media, tentu selama tidak melakukan hal-hal yang melanggar  syariat hal tersbeut di perbolehkan. Akan tetapi, salah satu hal yang mulai banyak dipersoalkan adalah seorang muslimah yang rajin melakukan selfie lalu di upload ke facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya.

Memang secara fiqih, selfie termasuk perkara muamalah yang diperbolehkan, Kaidah fikih menyebutkan, al-Aslu fil mu'amalah al-ibahah hatta yadullad dalilu 'ala at-tahrim (asal hukum mu'amalah adalah boleh sampai ada dalil yang mengharamkannya). 

Akan tetapi bukan tidak mungkin selfie jatuh kepada hukum haram. Apa yang menyebabkan selfie menjadi haram dilakukan?

1. Memperlihatkan aurat 

Ada muslimah yang iseng selfie tanpa hijab, bahkan ada juga yang selfie dengan pose seronok sekalipun tidak untuk diposting di sosial media, tapi selfie semacam ini amat berbahaya. 

Bukan tidak mungkin hp yang digunakan untuk selfie kemudian dipegang oleh orang lain dan foto-foto tak senonoh si muslimah disebarluaskan. Oleh sebab itu, selfie yang seperti ini rasanya haram dilakukan muslimah untuk menjaga kemuliaannya.

2. Diniatkan untuk menggoda lawan jenis non mahram

Tak jarang muslimah berfoto selfie dengan pose menggoda, yang memang diniatkan untuk menarik hati lawan jenis. Jenis selfie seperti ini tentu saja sebaiknya dilarang. Para suami hendaknya memperhatikan kebiasaan istrinya dan mengajarkan istrinya agar tidak memposting selfie yang sifatnya menggoda laki-laki lain.

3. Selfie yang membahayakan

Banyak yang meninggal konyol hanya karena berusaha mengambil selfie di tempat-tempat berbahaya seperti di atas gedung, di pinggir jurang, di dekat binatang buas, atau bahkan selfie di saat sedang mengendarai kendaraan.

Muslimah perlu rasional dalam mengambil foto selfie, jangan sampai mempertaruhkan nyawa hanya untuk pamer semata.


Penulis: Kang Iman, dalam pelatihan menulis bersama Majalah Ummi di Kuala Lumpur. Disempurnakan oleh editor.
Foto ilustrasi : Google 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...