Muzammil Hasbalah: Imam Shalat Bersuara Emas yang Hobi Main Skateboard

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Shalat berjamaah merupakan keutamaan seorang mukmin untuk bisa mendapatkan pahala berlipat ganda. Betapa nyamannya bila shalat dipimpin oleh imam yang memiliki suara merdu serta mampu melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan lancar dan baik. Tentu shalat terasa lebih khusyuk, kan?

 

Nah, imam muda Masjid Al-LathiifBandung, yang bukan hanya bersuara emas tapi juga gaul perlu banget kamu kenalin Sob, Namanya Muzammil Hasballah (23).


Bagaimana, sih, cara Muzammil bisa melantunkan Qur’an dengan indah dan merdu?

 

“Saya menyeriusi belajar langgam (cara dan gaya) membaca Qur’an sejak kelas 5 SD, ketika ditunjuk menjadi peserta musabaqah tilawatil Qur’an anak-anak,” jawabnya. Waktu itu, selain bersekolah di sekolah umum, ternyata Muzammil juga mondok di lembaga tahfizh di Sigli, Aceh, kampung halamannya.


Muzammil bercerita, ia pertama kali menjadi imam di Masjid Al-Lathiif saat pengajian pekanan tahun lalu. Guru mengajinya, Ustadz Tengku Hanan Attaki, meminta Muzammil untuk menggantikannya memimpin shalat karena beliau tidak bisa datang lebih awal. 


“Dari situlah berlanjut hingga sekarang. Setiap Senin, Rabu, dan Sabtu saya menjadi imam shalat Maghrib di sana,” ujar pria yang hobi bermain skateboard dan berenang ini.


Tak hanya itu, Muzammil juga berpengalaman menjadi imam shalat Idul Fitri di Sigli. Bagi alumnus jurusan arsitek Institut Teknologi Bandung ini, tak pernah ada perasaan canggung saat mengimami orang-orang dari berbagai kalangan dan usia. “Biasa saja, yang jelas saran dan kritik dari jamaah secara langsung maupun di media sosial sangat saya perhatikan,” tuturnya.


Di media sosial, seperti YouTube dan Instagram, Muzammil mengunggah videonya saat mengimami shalat. Ia memang memanfaatkan media sosial untuk mengajak kaum muda agar kembali memakmurkan masjid. Menjadi pemuda taat bukan berarti kaku dalam bergaul. Tetap bisa, kok, berbaur sebagaimana anak muda kebanyakan.

Kini, Muzammil yang selalu mengenakan sorban di lehernya ini mengaku masih terus mengasah ilmu tajwid Qur’an secara talaqqi dengan berguru kepada syeikh dari Yaman. Tak hanya itu, ia juga memiliki waktu khusus untuk selalu tilawah dan muraja’ah setiap hari.  Pantas saja ya, Sob lantunan tilawah Muzammil begitu memukau sehingga selalu dipercaya memimpin shalat.

Yuli Patilata

 

MUZAMMIL HASBALLAH

 

Lahir: Sigli, 21 September 1993

Aktivitas:

-Konsultan Arsitektur

-Pengajar Tahsin dan Maqamat

-Aktivis Dakwah Gerakan Pemuda Hijrah The Shift

 

Foto ilustrasi : Google 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...