Penyebab Salah Paham yang Sering Terjadi dan Perlu Dihindari

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, pernah nggak berselisih paham dengan sahabat, orang tua atau orang terdekat kita hanya karena masalah sepele? Duh bikin keki ya. Apalagi kalau gara-gara salah paham itu sampai membuat banyak pekerjaan tertunda.

Sebenernya apa aja sih penyebabnya?

1. Tidak Adanya Keterbukaan
Seringnya, karena seseorang tidak mau terbuka bisa menimbulkan kesalah pahaman lho. Alih-alih nggak mau ngerepotin atau bikin orang khawaatir, malah memunculkan masalah baru. 

Coba deh, lebih terbuka terhadap hal-hal yang memang layak untuk dibagi dengan orang lain. In Syaa Allah, masalah yang tengah kita hadapi akan menjadi lebih ringan.
 
 
2. Nggak Enakan
Ini sih penyakit sejuta ummat ya Sob. Mau ngomong ini nggak enak, mau ngomong itu juga nggak enak. Takut Si Nganu tersinggunglah, khawatir menyakiti hati Si Itu, dan seterusnya. Saking seringnya nggak enakan, ujung-ujungnya kita nggak jadi menyampaikan maksud hati kita yang sebenarnya. Buntu lagi deh.

Makanya, kita harus belajar buat nyingkirin penyakit nggak enakan ini, Sob. Ya ... Kita harus pinter-pinter milih lah, mana hal yang bisa diutarakan, atau harus disimpan. Sekiranya yang akan disampaikan itu lebih banyak mudharatnya ya baiknya ditinggal. Ok Sob?

3. Persepsi
Perbedaan persepsi atau sudut pandang biasanya juga kerap menimbulkan masalah, Sob. Misalkan Si A melihat suatu masalah dari sisinya, sementara Si B juga melihat dari sisinya. 

Kalau kedua orang ini sama-sama nggak mau ngalah dan mencoba melihat suatu masalah dari sisi yang berbeda, sampai ladang gandum tersiram coklat, masalah mereka nggak bakalan kelar dan akan begitu-begitu aja.

Makanya nih Sob, kita nggak boleh melihat sebuah masalah hanya dari satu sisi, dari sudut pandang kita aja. Karena boleh jadi, ketika kita bisa melihat masalah dari sisi yang lain, masalah tersebut akan lebih ringan dan mudah menyelesaikannya.

Nah, itu dia hal-hal yang menurut Nida sering terjadi di sekitar Nida. Semoga bermanfaat ya Sob.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...