Perbatasan Negara yang Unik di Dunia

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, sebuah negara memiliki batas-batas yang mengikat. Jika ingin melintas, kita harus mendapatkan izin atau menyerahkan paspor untuk diperiksa. Batas ini biasanya dibuat seperti patok batu, jeruji besi, penjagaan yang ketat, senjata, anjing terlatih, dan sebagainya. Tapi, ada beberapa negara dunia yang batas negaranya dibuat dengan sesuatu yang unik. Berikut 10 negara dengan perbatasan yang unik di dunia:

1. Ring Bola Voli
Amerika Serikat dan Meksiko membuat perbatasan negara dengan ring bola voli. Terkadang beberapa warga dari dua negara ini bermain voli bersama di perbatasan tersebut. Ternyata selain berfungsi sebagai pembatas, ring bola voli ini dapat mengakrabkan warga setempat, lho.

2. Jalur Logam
Perbatasan antara Jerman dengan Belanda ditandai dengan jalur logam di pusat bisnis Eurode. Meskipun terdapat kotak surat yang berada di kedua sisi perbatasan, surat-surat tersebut akan sampai kepada si penerima seminggu kemudian.

3. Meja Segitiga
Perbatasan antara Slovakia, Hungaria dan Autria dibatasi dengan dibuatnya meja segitiga dengan tempat duduk yang setiap sisi milik setiap negara. Terkadang meja ini digunakan warga setempat untuk bertemu dan berbincang dengan kerabatnya yang tinggal di salah satu negara tersebut.

4. Patung Dinosaurus
Tidak ada yang luar biasa dari perbatasan antara Cina dengan Mongolia. Tetapi, perbatasan ini memiliki keunikan yaitu terdapat dua patung dinosaurus yang saling berhadapan.

5. Paving
Belanda dan Belgia memberi pembatas berupa paving di jalanan yang membelah sebuah tempat makan dan rumah. Di sisi kiri paving terdapat kode N yang berarti Belanda, sedangkan sisi kanan terdapat kode B yang berarti Belgia.

6. Sungai
Perbatasan antara Argentina, Paraguay dan Brazil dibatasi berupa percabangan sungai Parana dan sungai Iguazu yang membagi tiga wilayah daratan tersebut.

7. Tempat Duduk Melingkar
Jerman, Belanda, dan Belgia membatasi negara mereka dengan membuat sebuah tempat duduk melingkar dengan tiga bendera negara di tengah lingkaran. Tempat ini digunakan sebagai titik pertemuan antar tiga negara tersebut.

8. Trotoar
Kali ini trotoar dijadikan perbatasan negara, antara Brasil dengan Uruguay. Di sebelah kiri untuk Brasil, sementara di sebelah kanan untuk Uruguay.

9. Pulau
Kepulauan Diomede merupakan sepasang pulau berbatu yang terletak di tengah-tengah Selat Bering antara daratan Alaska dan Siberia. Kedua pulau ini hanya berjarak 3,8 km yang  dipisahkan oleh garis Tanggal Internasional untuk menandai perbatasan internasional antara Rusia dan Amerika Serikat. Diomede besar dimiliki oleh Rusia dan Diomede kecil dimiliki oleh Amerika Serikat. Meski dibatasi oleh pulau, dua negara ini memiliki selisih waktu 21 jam.

10. Gambar Ikan
Polandia dengan Ukraina membatasi negara dengan berupa tanah lapang yang digambari dua ikan raksasa.

Sobat Nida, itulah 10 perbatasan negara yang unik di dunia. Batas ini dibuat untuk menandakan kedaulatan negara agar tidak dilanggar oleh negara lain. Tapi, batas negara juga bisa digunakan untuk hal yang bermanfaat bagi warga kedua negara tersebut. (Dina Nazhifah)

Sumber: Berbagai sumber
Ilustrasi: Google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...