Plus Minus Nikah di Usia Lebih Dari 25 Tahun

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, pernikahan merupakan hal yang sangat sakral dan memiliki banyak pertimbangan. Bukan hanya pertimbangan soal ekonomi, psikis, tapi juga pertimbangan usia. Baik perempuan maupun laki-laki seringkali memikirkan tentang pertimbangan usia ini. Ada yang mempertimbangkan untuk menikah pada usia muda ada pula yang mempertimbangkan menikah pada usia yang ideal. Namun, tahu gak Sobat Nida? Kalau ternyata menikah diatas usia 25 tahun memiliki keuntungan baik bagi laki-laki maupun perempuan. Ap aja sih keuntungannya? Simak penjelasan di bawah ini!

 

1. Menjadi lebih dewasa

Sobat Nida, menjadi lebih dewasa bukan sekedar bertambahnya umur tetapi semakin dewasa seseorang semakin matang pula pola pikir dan kecerdasan emosionalnya. Mereka juga telah melewati fase pencarian jati diri serta mengetahui dan mengerti dengan pasti dirinya sendiri dan tanggung jawabnya untuk mencapai tujuan hidup.

 

2. Makin tinggi pendidikan ditempuh, semakin langgeng

Sobat Nida, menempuh pendidikan hingga tamat bangku kuliah bukan hanya menempuh pendidikan semata. Dengan memiliki pendidikan yang tinggi baik perempuan maupun laki-laki, dapat memiliki wawasan terbuka dan bertukar pikiran dengan banyak orang. Sehingga membentuk kepribadian dan pola pikir yang bijak. Sobat Nida, menunda pernikahan setelah menerima gelar sarjana menurunkan resiko bercerai daripada pasangan berpendidikan rendah.

 

3. Kondisi fisik yang baik

Bagi perempuan, usia 25 tahun adalah usia ideal kehamilan karena memiliki resiko melahirkan 1 : 1.250. Selain itu Sobat Nida, tingkat kesuburan dan kemampuan hamil juga mencapai 90 persen. Laki-laki dan perempuan pada usia tersebut memiliki kondisi fisik dan hormon yang masih prima dan dalam fase terbaik. 

 

4. Menjadi lebih berempati

Pengalaman dan perjalanan hidup yang telah dimiliki pada usia matang membuat Sobat Nida mampu lebih berempati terhadap segala hal yang terjadi. Hal ini juga menjadikan sebuah pernikahan dapat berjalan langgeng. 

 

5. Karir yang mumpuni

Keuangan merupakan hal yang sangat vital dalam sebuah rumah tangga. Hal ini dapat menjadi bumerang tetapi juga dapat diatur dengan baik bila sobat nida menikah saat memiliki karir yang mumpuni. Usia diatas 25 tahun membuat sobat memiliki pengalaman dan pekerjaan yang lebih baik hingga memiliki karir yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Meskipun demikian, kita semua tentulah yang paling mengerti dengan kondisi masing-masing. Kalau memang ternyata di usia muda tetapi sudah ada orang yang soleh atau sholehah dan sama-sama serius serta mau berkomitmen untuk berumahtangga, kenapa harus menunda pernikahan?

Lagi-lagi, selain soal jodoh di tangan Allah, apapun kondisi kita saat ini, baik sudah menikah atau masih dalam proses pencarian dan penantian, jangan pernah berhenti untuk memperbaiki diri dan berbuat baik. Semoga bermanfaat.  (Fikriah NurJannah)

 

Sumber:

Muslimah(dot)or(dot)id dan berbagai sumber 

 

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...