Randezvous (Mimpi Leonarti --di Siang Bolong--)

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Penulis: Ummy Kultsum        

Sumpeh, sebulan ini gue lagi rada… “GILAAA!!!” kata Mbok Iyem (pembokat majikan gue). Mungkin kalo Unyu (kucingnya majikan gue) bisa ngomong, dia juga bakal bilang, “Lagi rada kumat lo, ya, Jeng?!” Lumayanlah, nggak terlalu jleb banget, cuma dibilang ‘kumat’.

Gue lagi tergila-gila sama seseorang nih, Bri! Gue salut banget sama si doi. Gimana nggak, coba, masa ketek sama ingus aja bisa jadi inspirasi cerpen ngocolnya?! Dimuat di Annida, Bri! Emang keren sih, cercol-cercolnya. Itu yang bikin gue dibilang rada kumat akhir-akhir ini. Ketawa nggak ngajak-ngajak teman!

Si doi udah jadi tokoh istimewa deh buat gue. Bayangin! Gue itu yah, kalo bikin cerpen saaaatu aja, sampe nggak tidur siang-ma…(kalo malem tetep tidur, sih), gara-gara itu cerpen nggak selesai-selesai dibuatnya. Nah, begitu dikirim ke redaksi Nida vie imel majalah_annida@yahoo.com… alhamdulillah sih dimuat. Tapi sayang, cuma nama sama judul cerpen gue yang nampang di rubrik cerpen R-I-J-E-K, sodara-sodara! Lah si doi, tercatat 5 buah cercolnya sudah dipublish sama Nida, sejak tahun 2010. Luar biasa, kaaan??? Daripada gue? Dari 2014 belum ada yang dimuat satu pun!

Nama yang tercantum di cercol-cercolnya: Mutia Bashri Chan. Mungkin semacam singkatan kreatif, gitu. Terkaan gue (moga-moga bener), Mutia itu… Imut-imut dan Setia. Bashri itu.. Bahagia Sepaaaaanjang Hari. Sedangkan ‘chan’ itu, mungkin sudah bukan singkatan, tapi itu semacam marga, gitu. Barangkali masih sodara jauhnya Toto Chan, Shin Chan, Trioma Chan, Kubelai Chan, dan semua orang yang nama belakangnya ‘chan’, ya, can? Eh, kan?

Suwer, Bri, gue peeeengen banget belajar bikin cercol sama si doi. Pengen tauuuu banget gimana caranya gitu bikin otak gue se-kreatip dia. Ya paling nggak kan, gue nggak perlu jumpalitan di tengah lapangan lagi buat nyari mahluk bernama inspirasi, gitu. Bah!

“Gimana ya, Sob? Gue pengen banget belajar langsung dari doi. Kata lo kalo kita pengen sholehah, kan gue harus dekat-dekat sama orang sholehah juga..kayak elooo…,” rayuan maut gue keluar. Gue lagi curhat sama Titi. Dia kakak angkatan gue kalo soal nangkring di Annida. Kali aja dia tau, ya, Mbok?

“Dia itu orang Aceh, Bri. Jangan maksain diri, deh. Utang lo aja belum lunas sama gue. Mending uangnya buat nglunasin utang gue, kan? Abis itu buat bekal lo penelitian!” sadisnya. Jadi mendadak inget sama skripsi gue. Hiks, semaput!

Tapi gue nggak bakal nyerah! Bisa aja, kan, kalo gue udah kenal plus deket sama seorang bernama Mutia Bashri Chan itu bisa bener-bener bikin otak gue kreatip, ya, nggak? Kalo udah jadi orang kreatip kayak dia, kan gue udah nggak susah-susah nyari duit lagi buat nyelesaiin penelitian gue, sama bayar utang-utang gue. Tinggal rajin nulis aja, tiap bulan rekening gue nambah, euuuy! Mantapzzz! Jadi, tetap dukung gue, ya, sodara-sodara! Pliiiissss... ketik Reg(spasi)Ayo(spasi)Mumuy(spasi)Cemunguuuuuttt(spasi)Eeea! (Lah?)

Tekad gue buat ketemu sama si doi harrrrus kesampean. Harus! Ya Allah, pertemukanlah hamba-Mu ini dengan makhluk-Mu yang bernama Mutia Bashri Chan itu.. Aamiin.. Hiks. Kabulkanlah ya Allah. Sungguh Engkau Mahakuasa untuk mempertemukan siapa pun yang Engkau kehendaki.

***

Tahu nggak, Sob..? Benar kata emak gue, kalo kita minta sesuatu, minta aja sama Allah, Allah pasti bakal mengabulkan! Tebak, gue lagi mau ketemuan sama siappppaaaaah? Yap! Mutia Bashri Chan!

Gue nyedot es kelapa gading tua sambil menatap birunya langit di atas lautan yang sedang gue tatap, sebiru hati gue hari ini, lagi nunggu si doi datang. Penasaran banget gue.

“Muy!!” seseorang nepuk pundakk gue dari belakang. Kayaknya gue kenal suara ini, deh.

“Titi?” agak kaget gue. Kok bawa emak-emak? Nyewa pedagang kacang rebus di pasar mana dia buat jadi pemandu wisata? (eh, astaghfirullah, mbatinnya jelek banget?)

“Ini yang namanya Mumuy, Mak. Katanya, dia ngefans berat sama emak,” ucap Titi tenang banget sambil menghadap emak-emak yang dibawa tadi.

Innalillah! What? Gue berasa disamber petir di atas Gunung Sumbing! Mmm.. Mutia Bashri Chan??? Emak-emak? Bibir gue bergetar mebentuk angka delapan nyebut namanya (nggak usah dibayangin). Merinding, panas, dingin, anget, agak dingin, agak anget… pokoknya campur aduk nggak jelas gitu, deh.

Secara, bayangan yang ada di otak gue, Mutia Bachri Chan itu orangnya masih imut-imut (kayak gue, gitu), kalo nggak, minimal umurnya sepantaran gue, ya sekitar lima atau sepuluh hari lebih tua dari gue. Kalo yang ini mah di atas gue puluhan tahun!

Tapi nggak apa-apa, Bri, woles aja. Kata Titi, ilmu itu yang penting isinya, Bri, bukan orangnya (meski sebenarnya diam-diam gue juga tau, dia nggak bakal mau berguru sama orang gila).

“Mumuy sering banget muji cerpen ngocolnya emak, lho,” lanjut Titi sambil menyilakan Emak… (jujur masih berat nyebut namanyaaaaa) buat duduk di kursi yang telah tersedia di depan gue (ya iyalah, masa kursi bawa-bawa dari toko?) Tapi kalimat Titi tadi nyadarin gue bahwasanya beliau adalah orang yang pantas buat gue timba ilmunya. Kan emang itu tujuan gue selama ini ngotot pengen ketemu dia, toh?

“Hai, Mumuy? Gimana kabarnya?” sapanya akrab.

“Hai, E-mak... Chan? Alhamdulillah baik, Mak,”

“Kata Titi kamu pengen belajar sesuatu sama emak, ya?” ih Titi… Ember lu! “Maaf, ya, Nak Mumuy, Emak nggak punya waktu banyak, soalnya harus ngisi pengajian ibu-ibu RT 5, nih...” lanjutnya sambil nengok jam di tangannya (kalo nengok jam gadang, kan, kejauhan!).

Sebentar! Uwaaaw… luar biasa! Ternyata si emak itu ustadzah! Padahal cerpen ngocolnya jadi langganan Annida. Marvelous… marvelous! (kata Jarjit) Ini bakal jadi pertanyaan gue pertama! Tapi gue mingkemin mulut gue dulu yak, barusan nggak sadar mangap 5 cm.

“Mak, emak kan ustadzah, tapi kok bisa kreatip gitu? Cerpen ngocol emak udah sering dimuat Annida. Bagi-bagi resepnya, dong, Mak…”

“Alhamdulillah, Nak… itu rizki dari Allah,” jawabnya tenang. Bijak banget nih emak-emak satu. Tambah ngefans gue.

“Begini, Nak,” lanjutnya bikin gue penasaran, “kata Tony Buzan, sebenarnya semua orang yang masih hidup itu kreatif, kok.” Gue cek jantung gue. Masih berdetak. Yes!

 “Terus, kamu suka nunda-nunda baca Al-Quran, atau majalah, atau koran, atau buku… nggak? Diktat kuliahnya selesai dibaca nggak?” berondongnya. Gue malu-malu jawabnya.

“Alhamdulillah belum, tuh, Mak.. Belum ada satu pun kayaknya,” gue cuma jawab pertanyaan terakhirnya, jujuuur banget meski sesungguhnya teramat sangat beraaaaaaat...!

“Bagus!” komentarnya. Haik? “itu adalah ciri-ciri kalo kamu kreatif,” ucapnya sambil menggoyang-goyang bahu gue penuh semangat. Sorot matanya begitu tajam bak pisau yang biasa buat ngiris bawang sama Mbok Iyem, berbinar-binar pula sambil menatap mata gue lekat-lekat. Ya Allah? Gue nggak ngimpi, kan? Luar biasa! Rekor nih ada orang bilang gue kreatip sampai dua kali. Masya Allah… thanks very much, God.

“Kata Tony Buzan, berarti otak kamu sangat-sangat kreatif, Nak,” lanjutnya. Ya Allah… gue melambung. Tapi kenapa ya? Gue kok belum mudeng juga? (Ngeeekkk!)

Kemudian beliau melengkapi dengan kalimat penjelas yang begitu lugas--sebelum gue tambah terbang, “Buktinya, otakmu bisa memikirkan berjuta alasan untuk menunda-nunda menyelesaikan bacaanmu, Nak.” Dengar itu?! Gue meriingsut lagi. Ini nyindir kok sinis banget sih, Maaak??

“Tapi kok aku nggak bisa nulis cerpen ngocol kayak punya emak, ya, Mak? Apa Emak punya tabungan ide-ide kreatip ya, Mak? Tunjukin banknya dong, Mak…” Gue liatin si emak diam. Mungkin lagi ngumpulin jawaban luar biasa lagi.

“Emak juga bingung…” (loh?) “Emm, mungkin begini, Nak. Kata Toni Buzan, otak itu merupakan mesin asosiasi tercanggih di dunia. Sering-seringlah berlatih mengait-ngaitkan hal-hal yang tidak  untuk dikaitkan. Itu akan melatih kita menjadi orang yang berpikir kreatif!” orasinya penuh semangat, sambil tangannya nunjuk-nunjuk ke kepala. Jadi agak tersungging gue.

“Oh, gitu, ya, Mak?” sok-sokan mudeng. Padahal dalam hati bertanya-tanya… nih orang ngomongin apa sih?

“Kalo nulis, pakai hati, ya, Nak,” lanjutnya. Apa lagi ini? Nulis ya pake tangan, pake leptop, kalo nggak ya pake sendok sama piring... (Makan aja lu pikirannya!)

“Emak, Mumuy boleh minta wejangan, nggak, sebelum emak pergi?”

“Nah, itu tadi wejangan emak, Nduuuuukkkk…” jawabnya lembut sambil ngelus-elus kepala gue. Mungkin sebenarnya… batinnya pengen banget nonjok gue.

“Ayolah, Maaakk… tambah lagi. Pasti nggak cuma itu resepnya emak nulis, ya, kan?” alasan gue. Padahal itu keluar dari mulut gue gara-gara beneran nggak mudeng satu kata pun yang diucapkan beliau tadi. (Huuuuuuhhhh!) *eh, kayak ada yang nyorakin gue rame-rame?*

“Hemmh… baiklah. Ingat baik-baik ini ya, Nak…

“Jangan kamu kira kreatif itu diperoleh dengan berdiam diri semedi di kamar mandi. Kreatif itu perbanyak meniru. Jadi, bacalah buku sebanyak-banyaknya. Cari inspirasi dari sana. Kalau pengen pintar nulis cercol, ya banyakin aja baca cercol. Pelajari model nulisnya, juga gaya bahasanya.”

“Itu saja pesan dari Emak. Eh iya, Nak, satu lagi, kalau kamu mau jadi penulis, saran Emak, kamu harus punya nama pena yang kreatif, ya.. Dadaaaaaaahhhh…!” tiba-tiba si emak pergi begitu saja dari tempat duduk yang ada di depan gue. Gue pengen ngejar tapi bener-bener berat ini kaki. Sumpeh… Emaaaakkk jangan tinggalin Mumuy...!

Astaghfirulloh… Ombaknya makin ke sini makin gede banget, makin tinggi. Tubuh gue gemeta.ran.

“Su…su…sunamiiiiiiiiiii…!!!” orang-orang berlarian entah kemana. Gue takut bangeeeet!

 Hap-hap-hap… Gue coba berenang sebisa gue di dalam ombak yang sudah secepat kilat nyamber gue. Haduuh… kayaknya ini laut udah tercemar, deh. Gue nelen airnya. Berasa bau pesing-pesing agak gimanaaa gituh. Wueeek… uhuk-uhuk-uhuk!!!

Gubrakkk! Badan gue pegel-pegel semua. Astaghfirullah, eh, Alhamdulillah… cuma mimpi, Sodara-sodara.. Leganya… jantung gue masih rada deg-degan!

Mata gue kedip-kedip liat sekitar. Ada leptop yang kursornya masih kelap-kelip bakal gue bikin halaman pertama skripsi, yang nggak jadi-jadi dari kemaren. Pas gue nengok samping, ada makhluk kecil imut-imut lagi ngibas-ngibasin ekornya penuh kemenangan.

“Unyuuuuuuuuuuuu!!!!! Puas lo! Emang kucing nggak berperi keimut-imutan banget lo! Kemaren udah ngencingin tas gue yang imut-imut, tadi pagi sepatu gue (yang imut-imut juga) lo kencingin. Sekarang...???” hiks.

Gue nengok buku yang didudukin Unyu yang lagi njilat-njilatin tangannya dengan tampang tak berdosa. Posisinya terbuka, halaman 61. Ada gambar kudanya Leonardo da Vinci. Di bagian bawahnya gue baca kalimat:

Leonardo sendiri akan lebih senang dianggap sebagai seorang penyalin alam daripada ‘seniman ajaib’.

Gue tengok lagi judulnya ‘Sepuluh Cara Jadi Orang yang Jenius Kreatif'. Pengarangnya Tony Buzan. Gue jadi mikir, jangan-jangan, Tony Buzan itu nama aslinya Tony Bu Chan, ya, nggak? (Bisa jadi-bisa jadi…!)

Abis shalat Zuhur gue teringat kalimat terakhir Emak Chan di mimpi tadi. Dengan semangat terbarukan, karena gue cewek dan seorang muslimah, gue bakal pakai nama pena: Leonarti de Vitri (pake ‘V’). Yeeaaah!!!

Selesai.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...