Renungkan, Berapa Kali Kita Memegang Al-Quran dalam Satu Hari

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, sebagai seorang Muslim, sudahkah kamu membedakan antara kepentingan dengan keinginan? Sudahkah kamu mengurutkan skala prioritas dan minoritasmu dengan baik? Jika kamu sudah bisa, tentunya kamu sudah mengetahui bahwa ada kebutuhan yang lebih penting di dunia daripada air dan udara, yaitu Al-Quran.

Saat ini, banyak orang yang jarang sekali membuka dan membaca Al-Quran dan lebih banyak yang membuka layar handphone atau telepon genggam. Di mana pun dan kapan pun pasti handphone yang diperhatikan, sedangkan Al-Quran tidak lagi digenggam, tapi hanya diletakan di tumpukan-tumpukan buku dalam rak. Lebih sering mendengarkan lagu-lagu kekinian daripada mendengarkan murottal. Astaghfirullah.

Lalu, bagaimana denganmu? Sudah berapa kali kah kamu membaca Al-Quran dalam sehari? Simak haditsnya, yuk!

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إن الله يرفع بهذا الكتاب أقواما، ويضع به آخرين

“Sesungguhnya Allah meninggikan derajat suatu kaum dengan sebab berpegang teguh terhadap Kitab ini (Al-Qur`an) dan merendahkan kaum lainnya dengan sebab menelantarkan Kitab ini”  (HR. Imam Muslim).

Hadits di atas menjelaskan bahwa Allah Ta’ala akan meninggikan derajat seseorang apabila orang tersebut hidupnya berpegang teguh pada Al-Quran, demikian juga sebaliknya.
Syaikh Muhammad Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah berkata,

فالقرآن الكريم نزل لأمور ثلاثة: التعبد بتلاوته، وفهم معانيه والعمل به

Al-Qur`an diturunkan untuk tiga tujuan: beribadah dengan membacanya, memahami makna, dan mengamalkannya,”  

Ketika sudah tahu haditsnya, apakah kamu masih ragu untuk membaca Al-Quran? Biar lebih yakin, simak 10 keutamaan dalam membaca Al-Quran:

1. Dapat menentramkan hati.
2. Dapat menyembuhkan penyakit.
3. Memperoleh kedudukan tinggi di dalam surga.
4. Membaca satu huruf Al-Quran akan memperoleh sepuluh kebaikan.
5. Menjadikan syafaat bagi yang membaca Al-Quran.
6. Orang yang membaca Al-Quran secara terang-terangan seperti bersedekah terang-terangan.
7. Jika mahir dalam membaca akan bersama malaikat, sedangkan yang terbata-bata akan mendapat dua pahala.
8. Bagi Muslim yang berkumpul dan mengkaji Al-Quran akan mendapat pahala.
9. Membaca Al-Quran dapat memberikan rahmat dan kemuliaan kepada orang tua.
10. Pahala bagi orang tua yang anaknya mempelajari Al-Quran.

Jika membandingkan keutamaan-keutamaan Al-Quran dengan fitur-fitur yang diberikan oleh handphone, tentu saja sangat terlihat perbedaannya. Handphone memberikan banyak manfaat, terutama pada bidang komunikasi. Di handphone juga terdapat fitur untuk membaca dan mendengarkan Al-Quran. Tapi, kenyataannya fitur-fitur pada handphone sering digunakan untuk perkara yang sia-sia dan tidak berguna, apalagi hingga dibuat untuk maksiat.

Banyak orang yang lebih akrab dengan handphone dibanding dengan Al-Quran.  Bahkan bagi sebagian orang, seolah-olah kebutuhannya terhadap handphone melebihi kebutuhannya terhadap Al-Qur`an. Seolah-olah keutamaan pada handphone melebihi keutamaan Al-Qur`an. Mungkin hal itu tidak pernah diucapkan dengan lisan, namun sikap dan perbuatannya menunjukkan hal tersebut.

Sobat Nida, marilah kita mulai mengevaluasi diri, mengakrabkan diri dengan Al-Quran, membiasakan mengawali dan mengakhiri hari dengan Al-Quran, menyibukkan mulut dengan berdzikir bukan bergosip, dan tidak lupa sibukkan telinga dengan mendengarkan murottal bukan mendengarkan lagu.

Sumber: Hidayatullah(dot)com, muslim(dot)or(dot)id
Ilustrasi: google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...