Saat Seseorang Demam Baiknya Dikompres Air Hangat atau Air Es?

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, pernah terserang demam? Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh menjadi naik dan alat perang pertama yang kita lancarkan adalah dengan mengompres bagian kepala yakni di kening. Sob, kabarnya mengompres dibagian kepala juga belum  tepat lho untuk menurunkan panas.

 

Namun, jangan sampai salah ya Sob.  Fakta lainnya penggunaan air  yang tidak tepat untuk mengompres alih-alih membuat suhu tubuh turun malah semakin naik.

 

Sob, sering menggunakan air dingin atau air es untuk usaha meredakan demam ? hal tersebut memang cukup ampuh. Namun efeknya akan lebih memperparah. Pasalnya dalam waktu singkat suhu tubuh kita turun, setelah itu suhu tubuh kita akan naik dan bahkan lebih tinggi dari sebelumnya.

 

Lho kok bisa? Perpindahan panas memang akan mengalir dari suhu tinggi ke rendah. Namun, rendahnya suhu yang dimiliki air es akan membuat pori-pori pada kulit tertutup dan hal inilah yang membuat panas tak kunjung  turun dan malah semakin naik.

 

Nah bagi Sobat Nida yang telah menggunakan air hangat atau suhunya ruam-ruam kuku hal tersebut  sudah tepat Sob.

 

Dilansir dari kompas(dot)com,   menurut Dokter Spesialis Anak Mulya Rahma Karyanti Kompres air hangat dapat membuka pori-pori, sehingga panas pada tubuh bisa keluar melalui pori-pori tersebut. Kompres dapat dilakukan selama sekitar 15 menit. Kompres juga tidak efektif jika diletakkan pada kening.

 

Peletakan kompres  juga baiknya pada daerah lipatan seperti ketiak dan daerah paha agar panas keluar lewat pori-pori tubuh ya Sob. Jangan lupa untuk siapkan air putih. Seusai mengompres biasanya suhu tubuh akan turun dan keringat akan meluncur keluar cukup banyak. Otomatis cairan tubuh berkurang dan dibutuhkan air putih.

 

Satu lagi Sob, biarkan tubuh menggunakan pakaian yang tipis agar suhu panas dapat mengalir keluar dengan baik bukan malah ditutupi dengan selimut rapat-rapat. Alih-alih turn panas yang ada bisa mengalami kejang.

 

Semoga bermanfaat!

 

Referensi : dari berbagai sumber

Foto Illustrasi : Google

Nurul Aprillianti

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...