Seberapapun Besar Masalahmu, Ada Allah Yang Maha Besar

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Baru-baru ini, banyak sejumlah public figure yang menghabisi nyawanya sendiri dikarenakan masalahnya yang besar sehingga ia tidak dapat menanggung masalahnya itu. Tapi, bunuh diri adalah hal yang konyol. Sangat disayangkan jika sebagian orang itu memilih mati sebagai pilihan terakhir dari masalah mereka.

Masalah banyak ragamnya, dari yang kecil, sedang, hingga besar. Seberapapun banyaknya masalahmu, sesulit apapun masalah tersebut. Hadapilah. Masalahmu mungkin tidak serumit masalah orang lain yang tidak kamu ketahui. Lagi pula, ada Allah Pemilik Alam Semesta yang Maha Besar yang selalu ada di sisimu. Ingatlah firman Allah ini, “Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” (QS At Taubah:40)

Tidak ada manusia yang tidak ditimpa masalah, bahkan Rasulullah ditimpa banyak masalah semasa hidupnya. Anggaplah semua masalah yang menimpa kamu adalah sebagai ujian, peringatan maupun pelajaran dari Allah agar kamu selalu mengingat-Nya dan berada di jalan-Nya.

Ketika masalah menimpa, Sobat Nida mungkin merasa menjadi orang paling tidak beruntung di dunia. Nyatanya, itu hanyalah perasaan saja, banyak orang lain yang sebenernya justru tidak seberuntung kamu. Banyak yang diberi masalah yang lebih berat, rumit, dan tak kunjung selesai untuk dipecahkan.

Ada masanya, seseorang berada pada saat-saat yang menyenangkan, dan tidak menyenangkan. Semua itu sudah menjdai takdir yang telah Allah tetapkan untuk makhluk-makhluk Nya. Tetapi, Allah  juga telah memberikan solusi-solusi kepada manusia tentang bagaimana cara mengatasi rasa galau atau rasa sedih yang sedang menghampiri.

Caranya pertama dengan bersabar, karena dengan kesabaran itulah seseorang akan lebih bisa menghadapi setiap masalah berat yang mendatanginya. Lalu, sebagai seorang muslim kita adukan masalah kita pada Allah dengan berzikir agar masalah kita dipermudah dan bisa kita lewati.

Dan berpikiran positif, maka segala bentuk-bentuk kesusahan dan beban yang ada pada dalam diri menjadi terobati karena adanya sikap bahwa segala yang kesusahan-kesusahan yang dihadapi, pastilah mempunyai jalan yang lebih baik yang sudah ditetapkan oleh Allah Ta’ala. Sebagaimana firman-Nya, “Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Qs Al-Insyirah 5-6)

InsyaAllah dengan menerapkan cara di atas bisa membuat masalah kita ringan. Sebaiknya kita menyakini bahwa Allah pasti ada bersama kita. Bahkan, jika kita kehilangan sesuatu Allah akan menggantikan dengan yang lebih baik. Ingatlah, laa tahzan innallaha ma'anaa yang artinya “Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” Q.S. At Taubah:40. Dan ucapkanlah kepada masalahmu bahwa kamu punya Tuhan yang lebih besar, yaitu Allah Subhanahu Wa Ta’ala. (Cucu Rizka Alifah)

Sumber: muslimah(dot)or(dot)id dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

 

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...