Siapa Sesungguhnya yang Membangun Kabah

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, Ka’bah merupakan kiblat umat Muslim dalam menjalankan sholat. Ka’bah juga mereprensentasikan pentingnya kesatuan umat manusia di dalam kekuasaan dan keadilan. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa Ka’bah dibangun oleh Nabi Ibrahim. Tapi, apakah pendapat itu benar? Lalu, siapakah sebenarnya pembuat kiblat umat Muslim tersebut?

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat ibadah) manusia ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia,” (QS. Ali Imran: 96).

Di ayat tersebut terdapat kata “dibangun untuk manusia” yang memiliki arti bahwa Ka’bah bukan diciptakan oleh manusia, karena ayat ini menyebutkan bahwa bangunan tempat ibadah yang pertama kali dibangun untuk manusia ialah yang di Mekkah, yaitu Ka’bah.

Pendapat pertama dari Syaikh Ali Husni Al-Kharbuthi, salah satu guru sejarah Islam di 'Ain Shams Kairo, Mesir dalam bukunya Tarikh Ka'bah menjelaskan bahwa Allah memerintahkan para malaikat yang ada di bumi untuk membangun sebuah bangunan yang serupa dengan Baitul Makmur. Kemudian, Allah memerintahkan para malaikat di bumi agar tawaf mengelilingi bangunan tersebut sebagaimana tampaknya para malaikat di langit mengelilingi Baitul Makmur.

Dari kisah ini dapat disimpulkan bahwa para malaikat di bumi sudah membangun Ka'bah dan melakukan ibadah haji 2000 tahun sebelum Nabi Adam diciptakan. Oleh karena itu, ketika Nabi Adam melaksanakan ibadah haji di Ka'bah, para malaikat berkata, "Semoga Haji Mabrur wahai Adam tetapi tuhan melakukannya 2000 tahun sebelum engkau diciptakan."

Pendapat kedua bahwa Nabi Adamlah yang pertama kali membangun Ka'bah, disebutkan dalam kitab Ara'is Al Majelis karya Al-Tsa'labi, Allah mewahyukan kepada Adam: "Aku memiliki tanah haram (terhormat) dalam posisi sejajar dengan singgasana-ku (Arasy). Karena itu, datanglah ke sana dan berkeliling-lah (tawaf)  sebagaimana dikelilingi nya singgasana-Ku. Salatlah disana sebagaimana dilaksanakan shalat di sisi singgasana-Ku. Disanalah aku memperkenankan doamu."

Keterangan ini menunjukkan bahwa Adam adalah pembangun Ka'bah pertama, lalu disempurnakan pembangunannya oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Allah Ta’ala berfiman, “Dan ingatlah ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa). ‘Ya Tuhan kami, terimalah dari kami (amalan). Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar dan Maha Mengetahui,” (QS. Al-Baqarah: 127).

Ayat di atas menjelaskan bahwa sudah pasti yang membangun Ka’bah bukanlah Nabi Ibrahim, melainkan ia hanya meninggikan atau membangun dasar-dasar bangunan yang sudah ada sebelumnya.

Ketika Nabi Ibrahim tiba di tempat Ka’bah berdiri, bangunan tersebut tidak ada. Bahkan, kota Mekkah pun saat itu tidak memiliki penduduk.

Lalu, Allah Ta’ala menunjukkan Nabi Ibrahim situs Ka’bah. Nabi Ibrahim dan anaknya, Nabi Ismail, bersama-sama memperbesar fondasinya dan dibangunlah Ka’bah.

Bangunan Ka’bah berdiri setelah masa Nabi Ibrahim, namun memiliki beberapa kerusakan struktural dan mengalami perbaikan dari waktu ke waktu.

Ketika usia Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam 35 tahun, kaum Quraisy membangun Ka’bah karena telah rusak akibat banjir di Makkah. Sejak saat itu, Ka’bah hingga saat ini berdiri pada posisi yang sama ketika dibangun kembali oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Sobat Nida, seperti yang diketahui bahwa tidak ada dalil-dalil yang dapat dipertanggungjawabkan dengan kuat mengenai masalah ini. Oleh karena itu, kita tidak perlu membesarkan masalah siapa sesungguhnya yang membangun Ka’bah. Bahwasanya yang dapat diketahui bahwa Ka’bah dibangun sebelum masa Nabi Adam, lalu Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang meninggikan kembali pondasi bangunan Ka’bah.

Sumber: islampos(dot)com dan berbagai sumber

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...