Siapakah Manusia yang Paling Bahagia?

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Berhentinya nafas manusia berarti berhentinya kehidupan bagi orang tersebut. Ya, semuanya berhenti. Kecuali tiga hal ini:

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Pahala seseorang yang bersedekah tidak akan terputus walaupun dirinya sudah meninggal. Misalnya saja seseorang yang membangun sebuah masjid hanya dengan mengharap ridho Allah. Selama ada orang yang memakainya untuk beribadah, maka pahalanya akan terus mengalir. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits berikut:

”Barang siapa yang membangun sebuah masjid karena mengharapkan keridhaan Allah SWT, maka Allah akan membangun untuknya sebuah rumah di surga. (HR Bukhari dan Muslim).

Begitu juga dengan ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diamalkan dan dibagi kepada orang lain. Ketika ilmu tersebut diajarkan kepada orang lain, dan orang tersebut mengamalkannya, maka pahalanya akan terus mengalir. Seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut ini.

Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].

Oleh karena itu, sebarkanlah ilmu walaupun sedikit. Karena sekecil apapun itu, apabila bermanfaat, maka Allah akan menghitungnya sebagai amalan kita. Insya Allah.

Dan yang terakhir adalah do’a anak yang sholeh. Inilah mengapa kita diperintahkan untuk mendidik anak dengan nilai-nilai islam sebaik mungkin. Anak-anak yang sholeh, insya Allah tahu bagaimana caranya berbakti kepada orang tuanya baik ketika kita masih hidup walaupun telah meninggal. Merekalah yang nantinya akan mendoakan kita. Luar biasa bukan?

Nah jika ingin pahalanya tidak terputus, amalkanlah hal-hal tersebut ya… Wallahu’alam

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...