Soal Rezeki, Belajar Bertawakkallah Seperti Burung

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, Allah sudah menjamin rezeki tiap-tiap hamba-Nya.

"Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah." (QS. Al-Baqarah :172)

Allah tidak hanya memberikan rezeki kepada manusia saja, tetapi juga kepada hewan, tumbuhan, dan segala makhluk ciptaan-Nya. Burung adalah salah satunya.

Sobat Nida pernah melihat burung mencari rezeki? Setiap hari burung pergi mencari makan untuk dirinya dan anak-anaknya. Pergi pagi dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang.

Bagi sebagian orang, mungkin hal ini akan terlihat sepele. Tapi bagi orang beriman, hal ini tentunya dapat dijadikan pelajaran. Bahwa Allah tidak akan mendzalimi hamba-Nya, makhluk ciptaan-Nya. Selagi seorang hamba atau makhluk-Nya itu mau berusaha, maka pasti akan Allah berikan hasilnya sesuai kadar usaha yang dilakukan oleh hamba tersebut.

Dari Abu Tamim Al Jaisyani dia berkata; saya mendengar Umar berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sekiranya kalian bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benarnya tawakkal, niscaya Dia akan memberi rezeki kepada kalian sebagaimana Dia memberi rezeki terhadap burung, ia pergi dalam keadaan lapar dan pulang dalam keadaan kenyang." (HR Ibnu Majah No 4154)

Sayangnya sih, masih ada aja segelintir orang yang merasa dirinya hidup kurang tapi nggak mau lebih giat berusaha, malah menyalahkan Allah. Menganggap bahwa Allah sudah tidak adil kepada dirinya. Padahal Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam pernah berpesan dalam sebuah hadits.

Dari Jabir bin Abdullah, ia berkata; saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tiga hari sebelum meninggal bersabda: "Janganlah salah seorang diantara kalian meninggal kecuali ia berprasangka baik kepada Allah." (HT Abu Daud No 2706)

Sebagaimana burung yang tetap berikhtiar dan yakin akan jaminan rezeki yang diberikan oleh Allah, sebagai manusia tentunya kita bisa lebih baik dari seekor burung dong Sob? Atau setidaknya, kita bisa mulai belajar untuk bertawakkal darinya?

Wallahua'lam bishawab. Semoga bermanfaat

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...