Terapi Hati Bagi Penyuka Sesama Jenis

Fashion-Styles-for-Girls-Online

          Sobat Nida, Allah Subhanahu Wa Ta’ala menciptakan makhluk menjadi dua jenis, yaitu laki-laki dan perempuan. Keduanya ditakdirkan untuk hidup berpasangan dan ketentuan ini berlaku pada seluruh makhluk-Nya.

Meskipun kenyataannya begitu, sampai sekarang masih terdapat beberapa makhluk yang memiliki penyakit suka sesama jenis. Hal ini telah lama menjadi polemik di masyarakat. Lalu, apa saja penyebab dari penyakit ini? Apakah ada terapi hati bagi penyuka sesama jenis?

Penyebab Menyukai Sesama Jenis

          Dalam setiap proses pengobatan, hal pertama yang dilakukan adalah dianogsis. Tujuannya untuk mengetahui penyebab penyakit yang diderita.

Islam sendiri telah memudahkan proses pengobatan tersebut, yaitu dengan cara mengajarkan kepada umatnya hasil diagnosa yang benar-benar aktual.

             Allah Ta’ala berfirman,

وَمَا أَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ

“Dan musibah apapun yang menimpamu, maka itu adalah akibat dari ulah tanganmu sendiri.” (QS. As Syura 30).

          Ayat ini menjelaskan bahwa penyakit yang menimpa kita diakibatkan dari perbuatan dosa, baik dosa yang kita lakukan maupun yang dilakukan oleh orang-orang yang ada disekitar kita. Berikut beberapa penyebab munculnya penyakit suka sesama jenis:

1. Kesalahan memilih nama

Salah satu kewajiban pertama yang dilakukan oleh orang tua ialah memilihkan nama yang baik untuk anaknya. Bukan hanya baik didengar atau diucapkan, tetapi baik pula dari makna, nilai sejarah, dan sesuai dengan jati dirinya. Apabila seorang anak dipilihkan nama yang baik, maka baik pula sifat, kepribadian, dan jati diri anak tersebut, demikian juga sebaliknya.

Ibnu Qayyim rahimahullah berkata: “Ada hubungan keserasian antara nama dan pemiliknya. Sangat jarang terjadi ketidakserasian antara nama dan pemiliknya. Yang demikian itu, karena setiap kata sebagai pertanda makna yang terkandung di dalamnya. Dan nama adalah petunjuk bagi kepribadian pemiliknya. Bila engkau merenungkan julukan seseorang, niscaya makna dari julukan tersebut ada padanya. Sehingga nama yang buruk merupakan pertanda bahwa jiwa pemiliknya buruk. Sebagaimana wajah yang buruk, pertanda bagi buruknya jiwa seseorang

Oleh karena itu, bila seseorang yang ditimpa penyakit suka sesama jenis memiliki nama yang kurang menunjukkan jati dirinya, maka hendaklah segera merubah namanya menjadi yang lebih menunjukkan jati dirinya sebagai seorang laki-laki atau wanita.

2. Makanan yang Dikonsumsi

Sobat Nida, sifat dan kepribadian seseorang bisa dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi. Hal pertama yang harus diperhatikan saat makan ialah memastikan bahwa makanannya berasal dari daging dan kandungan yang halal, dan diperoleh dari cara yang halal. Hindari makanan yang bisa mempengaruhi munculnya penyakit suka sesama jenis, yaitu daging babi dan keledai.

3. Salah dalam Berpakaian

لَعَنَ النبي e الْمُخَنَّثِينَ من الرِّجَالِ وَالْمُتَرَجِّلَاتِ من النِّسَاءِ وقال: (أَخْرِجُوهُمْ من بُيُوتِكُمْ). متفق عليه

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknati lelaki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai lelaki, dan beliau bersabda: Usirlah mereka dari rumah-rumah kalian.”(Muttafaqun’alaih)

Hadits ini menjelaskan bahwa kaum lelaki dilarang untuk mengenakan pakaian dan perhiasan yang merupakan ciri khas kaum wanita, dilarang pula menyerupai suara, cara berjalan, dan seluruh gerak-gerik kaum wanita, demikian juga sebaliknya

4. Pengaruh Pergaulan dan Pendidikan

Setiap orang pasti memiliki pengalaman pergaulan tersendiri yang mempengaruhi pembentukan kepribadian dan jati diri.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu , ia menuturkan: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah ada seorang yang dilahirkan melainkan dalam keadaan fitrah (muslim), maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, atau Nasrani, atau Majusi. Perumpamaannya bagaikan seekor binatang yang dilahirkan dalam keadaan utuh anggota badannya, maka apakah kalian mendapatkan padanya hidung yang dipotong?” (Muttafaqun ‘alaih)

Oleh karena itu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memerintahkan agar orang tua memilihkan teman dan memberikan pendidikan yang baik untuk anaknya, sehingga mereka terpengaruh oleh kebaikan dan terhindar dari pengaruh buruk. Pergaulan dan pendidikan memiliki peranan besar dalam pembentukan karakter dan cara pandang seseorang, terutama pada masa anak-anak.

Terapi Bagi Penyuka Sesama Jenis

Setelah mengetahui penyebab-penyebab penyakit ini, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Berdoa kepada Allah

Sobat Nida bisa membaca doa yang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa memohon agar dikaruniai hati yang suci dan dijauhkan dari perilaku buruk:

Ya Allah, limpahkanlah ketakwaan kepada jiwaku dan sucikanlah. Engkau adalah sebaik-baik Dzat Yang Mensucikan jiwaku

Orang yang telah terjangkit penyakit ini segeralah bertaubat dan memohonlah kepada Allah agar jiwanya disucikan, dan perangainya diluruskan.

2. Berdzikir

Hal yang tidak boleh dilupakan dalam setiap waktu bagi seorang Muslim ialah selalu berdzikir. Membaca Al-Qur`an dan berdizikir dengan khusyu’ dapat menjadi senjata paling ampuh untuk menghancurkan perangkap setan yang menyesatkan hati manusia.

3. Melakukan Kegiatan Sesuai dengan Jenis Kelamin

Melakukan kegiatan yang sesuai dengan jenis kelamin dapat memupuk jati diri seseorang. Untuk perempuan, bisa dengan memasak, menjahit, berdandan, dan semacamnya. Sedangkan untuk lelaki, bisa dengan bela diri, bermain futsal, belajar mengenai otomotif, dan semacamnya.

4. Terapi Hormon

Terapi ini sudah cukup dikenal masyarakat. Sobat Nida bisa melakukan terapi ini dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Sobat Nida, semoga empat langkah di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita bisa terhindar dari penyakit ini. Aamiin. (Dina Nazhifah)

Sumber:

Almanhaj(dot)or(dot)id dan berbagai sumber

Ilustrasi: google

 

 

 

 

 

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...