Terbata-bata Mendapat Dua Pahala, Jika Lancar Akan Bersama Malaikat yang Mulia Lagi Taat

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, sebagai umat muslim, terutama generasi muda harapan ummat, sudah sepatutnya kita bisa membaca Al-Qur'an dong. Secara, Al-Qur'an kan kitab suci ummat muslim. Belajar dan terus memperbaiki bacaan Al-Qur'an merupakan kewajiban setiap muslim.

Malulah kalau misalkan selama ini ikut gembar-gembor membela agama tetapi kitab suci sendiri tidak dipelajari.

Perintah untuk membaca Al-Qur'an dengan tartil ini terdapat pada firman Allah SWT berikut;

"Bacalah Al-Qur'an dengan tartil" (QS. Al-Muzzamil: 4)

Juga di dalam hadits berikut, dari Abdullah bin 'Amr, ia berkata; Rasulullah shallallahu wa'alaihi wa sallam bersabda: "Dikatakan kepada orang yang membaca Al Qur'an: "Bacalah, dan naiklah, serta bacalah dengan tartil (jangan terburu-buru), sebagaimana engkau membaca dengan tartil di dunia, sesungguhnya tempatmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca." (Hadits Hasan Riwayat Abu Daud No 1252)

Jelas ya Sob, bahwa kita disunnahkan atau diajarkan untuk membaca Al-Qur'an dengan tartil. Ada tajwin atau hukum bacaan yang harus diperhatikan, juga ada makhrajul hruf yang tidak boleh diabaikan.

Kelihatannya sepele, tapi orang yang belajar dan mengajarkan Al-Qur'an kepada orang lain memiliki tempat yang mulia di sisi Allah. Menjadi hamba yang paling utama dibandingkan dengan hamba-Nya yang lain.

Dari Utsman bin 'Affan ia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Orang yang paling utama di antara kalian adalah seorang yang belajar Al Qur`an dan mengajarkannya." (HR Bukhari No 4640)

Bukan berarti yang belum bisa membaca dengan tartil nggak boleh baca Al-Qur'an ya Sob. Boleh banget. Hanya saja, pahala yang diperoleh tentunya menjadi berbeda, antara yang membaca yang dengan tartil dan belum. Sebagaimana hadits Aisyah berikut;

Dari 'Aisyah dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Orang yang pandai dalam membaca Al Qur'an, maka ia akan beserta para Malaikat yang mulia. Sedangkan orang yang membacanya dengan terbata-bata dan merasa kesulitan, maka ia akan memperoleh dua pahala." (HR Ibu Majah No 3769)

Oleh sebab itu, jangan malu dan lelah untuk belajar Sob. Supaya kita mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Wallahu a'lam bishowab

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...