Ternyata Ini Penyebab Kaki Kram Pada Saat Tidur Malam

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, benci nggak sih saat tiba-tiba kaki kita kram padahal mimpi malam kita sedang indah-indahnya  terekam?  Sakit yang luar biasa itu akan sangat mengganggu apalagi tak ada seorangpun yang menolong.  Ayah, bunda , adik maupun kakak kita tidur dengan nyenyaknya.

 

Daripada  khawatir tak karuan apakah malam ini Sobat Nida akan mengalami kram kaki. Ada baiknya kita ketahui penyebabnya. Berikut Nida menghimpun dari berbagai sumber.

 

1.    Suhu udara

Sob, suhu udara atau air yang terlalu dingin juga dapat menyebabkan kram.  Tak jarang malam hari terutama menjelang  jam 4 pagi suhu lingkungan akan lebih dingin. Terutama jika ditambah dengan volume AC yang semakin rendah  atau kita sedang berada di daerah yang dingin, ada baiknya Sobat Nida menggunakan selimut atau kaus kaki saat tidur.

 

2.       Posisi tidur

Posisi tidur sangat menentukan kita akan mendapatkan serangan kram kaki dimalam hari atau tidak. Terutama pada posisi kaki yang salah.

 

3.    Dehidrasi

Kurangnya pasokan cairan dalam tubuh juga dapat menyebabkan kram kaki yang terjadi saat tidur dimalam hari. Dehidrasi akan mempengaruhi kinerja syaraf yang pada akhirnya berujung pada terjadinya kondisi kram. Maka sebaiknya jangan sampai kita kekurangan dalam memenuhi kebutuhan air mineral.

4.    Kehamilan

Kondisi kram kaki ini sangat umum sob untuk para ibu hamil. Hal ini biasanya terjadi pada bulan-bulan akhir kehamilannya.  Kemungkinan hal ini terjadi oleh karena kekurangan kalsium dan magnesium. maka sangat dibutuhkan perhatian asupan baik oleh sang ibu hamil maupun suaminya.

 

5.    Aktivitas berlebih

Aktivitas berlebih dalam seharian sebelum tidur dapat menjadi pengaruh yang cukup berarti untuk menjadi penyebab kram kaki saat tidur. Hal ini bisa terjadi karena 2 hal yakni otot yang kelelahan atau menegangnya otot tersebut.

 

6.    Kekurangan zat gizi

Yang terakhir adalah kekulangan zat gizi Sob. Beberapa zat Mineral penting seperti sodium dan potasium sangat penting agar tidak terjadinya kram kaki dimalam hari.

 

Semoga bermanfaat!

Referensi  : dari berbagai Sumber

Foto ilustrasi: google

 

Nurul Aprillianti


Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...