Ternyata Inilah Penjelasan Penderita Maag Tetap Sehat Saat Berpuasa

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, tahukah bahwa saat berpuasa kita menahan lapar dan haus selama 13-14 jam perhari. Benarkah para penderita maag bisa tetap sehat saat berpuasa?

Sebagaimana dilansir sebuah penelitian yang dilakukan seorang pakar kesehatan tentang puasa menyembuhkan penyakit maag mengatakan bahwa pada minggu pertama puasa, orang normal akan mengalami peningkatan asam lambung setelah siang hari dan kadang-kadang keadaan ini menimbulkan rasa perih. Kondisi tersebut berangsur stabil setelah minggu kedua dan naik turun asam lambung akan kembali normal 1 minggu paska puasa di bulan Ramadhan. Adanya peningkatan asam lambung ini tidak akan merusak dinding lambung bagi orang yang berpuasa. Bagi penderita sakit maag, dianjurkan untuk berpuasa karena puasa akan menyembuhkan sakit maagnya.

Biasanya saat berpuasa keluhan sakit yang penderita maag berkurang dan merasa lebih sehat saat berpuasa. Karena keluhan sakit maag ini akibat ketidakteraturan makan, konsumsi makanan berlemak, asam dan pedas, serta konsumsi minuman soda dan kopi. Sedangkan, pada bula puasa, kita makan lebih teratur dari biasanya.

Stres berat dapat menyebabkan penyakit maag karena dapat mendorong lambung menghasilkan asam secara berlebihan. Sedangkan, kita akan lebih bisa mengendalikan amarah saat berpuasa. Hal ini juga dapat menjadikan penderita maag tetap sehat walaupun sedang berpuasa.

Yang perlu diperhatikan, bagi penderita maag yang berpuasa adalah asupan makan dan minuman. Bagi penderita sakit maag untuk menghindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain, sawi, kol, nangka, pisang ambon, dan minuman bersoda. Hindari pula, makanan yang sulit dicerna. Seperti, kue tar, coklat dan keju. Sebab, makanan yang disebutkan tadi akan menyebabkan peningkatan asam lambung.

Jadi, untuk Sobat Nida yang memiliki riwayat sakit maag jangan takut-takut untuk berpuasa, ya. Justru dengan berpuasa menjadikan badan kita lebih sehat dengan me, karena kita makan dengan teratur, dan lebih sabar (mengendalikan amarah)., serta perhatikan makanan yang kita makan juga tentunya. (Cucu Rizka Alifah)

Sumber: Kompasiana(dot)com

Ilustrasi: Google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...