Ternyata Pendiri NU Dan Muhammadiyah Berguru Dengan Guru yang Sama

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia turut didominasi dua organisasi Islam yang sudah berdiri sebelum Indonesia merdeka, yaitu Nahdlatul Ulama (NU, sejak 1926) dan Muhammadiyah (1912).

Meskipun berbeda pada beberapa hal prinsip tentang ajaran agama Islam, pendiri NU (KH Hasyim Asy`ari) dan pendiri Muhammadiyah (KH Ahmad Dahlan) ternyata punya kedekatan dan dua kali pernah belajar pada satu guru.

pendiri NU dan Muhammadiyah serta RA Kartini juga pernah punya satu guru yang sama yakni KH Soleh Darat di Semarang. KH Ahmad Dahlan yang mempunyai nama lahir Muhammad Darwisy ini, katanya pernah satu kamar asrama pesantren dengan KH Hasyim Asy’ari.

Ketika berguru ke H. Abdul Karim Amrullah dan Syekh Muhammad Djamil Djambek. Dalam kesehariannya, Darwisy muda memanggil Hasyim Asy’ari dengan sebutan “Adi (Adik) Hasyim” karena Darwisy usianya lebih tua dua tahun. Sedangkan, Hasyim Asy’ari memanggil Darwisy dengan sebutan “Mas (kakak) Darwis”.

Keduanya, Hasyim Asy'ari dan Ahmad Dahlan diperintahkan Kyai Soleh Darat segera ke Mekkah untuk menlanjutkan belajar. Setiba di Makkah, keduanya menjadi murid kesayangan Imam Masjidil Haram, Syaikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi yang merupakan satu-satunya imam besar Masjidil Haram yang non-arab. Tampaklah kecenderungan Hasyim yang sangat mencintai hadist, sementara Ahmad Dahlan tertarik bahasan pemikiran dan gerakan Islam.

Kemampuan Hasyim dalam ilmu hadits, diwarisi dari gurunya, Syekh Mahfudh at-Tarmisi di Makkah. Selama tujuh tahun Hasyim berguru kepada Syekh ternama asal Pacitan, Jawa Timur (disebut kakek Cak Nun dalam nasional(dot)republika(dot)co(dot)id). Kepada dua guru besar (Syaikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi dan Syekh Mahfudh at-Tarmisi) itu pulalah KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah berguru.

Meskipun keduanya berbeda jalan, setidaknya gerakan Islam di tanah air bisa dibilang bersumber dari guru yang sama. (Cucu Rizka Alifah)

Sumber: nasional(dot)republika(dot)co(dot)id , berhaji(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...